Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) menggandeng produsen ban asal Italia, Pirelli, untuk membangun pabrik ban baru dengan total investasi senilai US$90 juta atau sekitar Rp807,75 miliar.

Direktur AUTO, Robby Sani, mengatakan di Jakarta, Kamis, pembangunan pabrik baru itu demi memenuhi kebutuhan ban sepeda motor untuk pasar ASEAN dan ekspor.

"Perseroan bersama Pirelli akan membentuk perusahaan patungan," ungkapnya.

Robby menambahkan nota kesepahaman (MOU) telah ditandatangani kedua belah pihak, dengan komposisi kepemilikan adalah perseroan sebesar 40 persen dan Pirelli 60 persen.

Pembangunan pabrik ban baru itu dimulai pada 2012 dan diperkirakan selesai dalam waktu tiga tahun.Untuk produksi, katanya, diharapkan dapat mencapai operasi penuh pada 2016 dengan kapasitas produksi tahunan sebesar tujuh juta unit ban sepeda motor.

Hingga kuartal III tahun ini, anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini berhasil membukukan laba bersih senilai Rp824,20 miliar, atau turun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp888,11 miliar.

Meski mengalami penurunan laba bersih, namun perseroan berhasil mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp5,45 triliun atau meningkat 18,22 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp4,61 triliun. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011