Pekanbaru (ANTARA News) - Dari data yang berhasil dikumpulkan dari berbagai Kantor Urusan Agama di Pekanbaru, Sebanyak 373 pasang calon suami istri di Kota tersebut, akan melangsungkan akad nikahnya pada hari Jumat, 11/11/2011.

Kepala Kantor Urusan Agama KUA Kecamatan Tampan, H. Darwison, MA kepada ANTARA menjelaskan untuk yang melangsungkan akad nikah di hari jumat 11/11/2011 ini sangat banyak terlebih-lebih didaerah Kantor KUA yang di pegangnya sampai 52 pasangan.

"Mereka mengatakan dan meyakini tanggal ini pembawa berkah, dan mereka menganggap hari itu merupakan hari yang penuh rahmat karena jatuhnya pada hari jumat bagi yang muslim," ujar Darwison.

Wardison mengatakan alasan lain calon suami istri ini, Selain menggap tanggalnya keramat, sebagian pasangan calon suami istri juga berpendapat untuk memudahkan mengingat tanggal pernikahannya nantinya.

"Itu merupakan prinsip hidup masing-masing dan kepercayaan masing-masing juga, sebagian menganggap keramat, keberkahan dan biar mudah diingat juga, itu tergantung kepada orangnya sendiri," ujarnya.

Sementara itu Agus Trijoko dan Reza Purnama Sari pasangan yang akan melangsungkan pernikahannya di tanggal 11/11/2011 menjelaskan karena diyakini tanggal tersebut mengandung makna dan keberkahan tersendiri, karena jarang-jarang ada waktu yang seperti itu dan ditambah lagi tepat pada hari jumat.

"Ini kan merupakan tanggal dan hari yang baik, jadi wajar saja banyak orang yang ingin menikah ditanggal itu," ucap Agus dan Reza saat dijumpai di Kantor KUA Kecamatan Tampan Pekanbaru.

Selain itu menurut Agus untuk memudahkan mengingat tanggal pernikahan nantinya, " Kita juga nanti lebih mudah mengingat tanggal pernikahannya jika ulang tahun pernikahannya," ucapnya.

Begitu juga halnya dengan pasangan Sukarman dan Assiana Wuri Handayani yang juga akan melangsungkan penikahannya ditanggal yang sama, mereka mengaku ada makna tersendiri dibalik angka 11/11/2011 tersebut, dan mereka percaya jika nikah ditanggal tersebut maka akan mendapatkan keluarga yang damai sejahtera dan bahagia.

"Kita yakin dengan tanggal tersebut, karena jatuhnya pada hari yang baik juga yakni Hari Jumat," ungkap Assiana Wuri yang bekerja disalah satu Bank di Kota Pekanbaru.

Sementara dengan banyaknya jumlah pasangan yang akan melangsungkan akad nikah di tanggal 11/11/2011 ini KUA se Kota Pekanbaru akan mulai acara akad nikah dari pukul 07.00 wib sampai dengan Pukul 00.00 wib.

"Karena anggota kita juga terbatas, dan harapannya semuanya berjalan dengan lancar," ucap Darwison Kepala KUA Kecamatan Tampan Pekanbaru.
(ANT/289)





Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011