Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corporation (TMC), Astra International dan Daihatsu Motor Company berkolaborasi  untuk  melahirkan  All New Avanza dan All New Xenia.

"Sinergi antara Toyota dan Daihatsu akan menghasilkan kendaraan yang berkualitas karena menyatukan dua keahlian dan kemampuan perusahaan otomotif terbesar di dunia," kata managing officer Toyota Motor Corporation Hiroji Onishi  di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Toyota terkenal dengan meluncurkan kendaraan berkualitas tinggi dan Daihatsu terkenal dengan kepiawaiannya menelurkan mobil compact dan multi purpose vehicle (MPV).

"Kami melihat pelanggan Indonesia menyukai mobil yang memiliki ruang kabin besar dan mesin yang irit. Lahirlah Avanza dan Xenia," katanya. Presiden Daihatsu Motor Company Koichi Ina.

Dia mengatakan kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang terjalin sejak 2004 akan terus ditingkatkan. Sejak  Januari 2004 - Oktober 2011 Avanza dan Xenia menyentuh angka satu juta Indonesia dan memberikan kontribusi sebesar 30 persen penjualan pasar otomotif di Indonesia.

"Sejauh ini ada sekitar 55.7 ribu karyawan Astra Motor belum termasuk pemasok dan mitra kerja lainnya," kata Presiden Direktur PT. Astra Internasional Priyono Sugiarto.

Indonesia sebagai basis penjualan Toyota Avanza telah mengekspor ke-27 negara dan menembus angka lebih dari 113 ribu unit sejak pertama kali diekspor pada 2004 hingga September 2011.

"Kolaborasi ini memakan Investasi hingga Rp. 900 miliar," kata Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Indonesia Sudirman.New Avanza dan Xenia akan diluncurkan Rabu.
(adm)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011