Jakarta (ANTARA News) - All New Avanza dan All New Xenia hadir. Toyota dan Daihatsu pada siang ini akan mengumumkan kehadiran "kembar" generasi baru itu di Jakarta.

Kolaborasi Avanza-Xenia dimulai pada tahun 2004. Menurut GM Perencanaan Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo, ide kolaborasi untuk membuat kendaraan serbaguna (MPV) yang lebih kecil dari Toyota Kijang berawal dari krisis ekonomi 1998 yang membuat daya beli masyarakat Indonesia merosot tajam.

"Pasar otomotif nasional membutuhkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar yang sesuai dengan daya beli masyarakat saat itu, kendaraan keluarga dengan tujuh penumpang," katanya.

Merespon kondisi tersebut, kata dia, TAM mengusulkan kepada Toyota Motor Corporation (TMC) untuk membuat MPV yang lebih kecil dan pada tahun 2000-an TMC memutuskan memulai proyek sinergi antara TMC dan Daihatsu Motor Corporation (DMC)  untuk mengembangkan kendaraan sesuai permintaan pasar saat itu. "Lalu lahirlah konsep Avanza-Xenia," ujar Widyawati

Berdasarakan prinsip kompetensi, TMC dan DMC mempercayakan Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai basis produksi kendaraan ini, karena ADM kuat dalam pembuatan compact car

Semua kendaraan tersebut diproduksi di pabrik Daihatsu dan peran Toyota menjamin  mutu produk.

"Toyota tetap melakukan kontrol secara penuh agar kendaraan yang diproduksi bisa memenuhi standard kami  yang memang dikenal lebih tinggi," katanya. TMC menempatkan chief engineer-nya  Kaoru Hosokawa untuk mengembangkan model  Avanza-Xenia.

Pada awal produksi, kata dia, penjualan Toyota Avanza ditargetkan hanya 2.400 unit dan Daihatsu Xenia sebanyak 1.200 unit. Namun dalam perkembangannya, permintaan Avanza terus melambung mencapai 17 ribu unit saat ini. "Tapi kemampuan pasok kami baru mencapai 14 ribu sampai 15.000 unit," katanya.

Widyawati juga menegaskan hingga saat ini, meski berkolaborasi dalam produksi, pemasaran Avanza dan Xenia dilakukan secara terpisah. "Bahkan soal harga, kami menentukan masing-masing," ujarnya.

Selain diproduksi untuk pasar domestik, hasil kolaborasi tersebut juga dipasarkan untuk ekspor, dengan menggunakan merek Toyota Avanza.
 (R016)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011