... juara umum atau tidak yang penting timnas sepakbola kita juara, itu saja buat saya...
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia punya beban berat, juara umum dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara. Target itu dianggap terlalu optimis bagi sebagian besar warga Jakarta. Mereka masih kecewa dengan hasil SEA Games 2009 lalu, saat itu kita cuma dapat peringkat ketiga saja.
   
"Kalau tidak salah kita kan peringkat ketiga waktu SEA Games sebelumnya, sekarang ditargetkan juara umum kan berat," kata Reno Sambas (29), seorang pegawai swasta, ketika ditemui ANTARA News, Selasa.
   
"Tapi sebagai rakyat Indonesia saya tentu mendukung target itu, ya semoga saja tercapailah, mumpung lagi jadi tuan rumah," katanya. Dengan berbagai pemahaman, seluruh rakyat Indonesia bisa dipastikan mendukung ratusan atletnya dalam laga olahraga se-Asia Tenggara itu.
   
Beberapa cabang olahraga seperti dayung, tae kwondo, karate, dan pencak silat bahkan memasang target juara umum itu secara khusus dalam perhelatan SEA Games ke-26 mendatang, namun ternyata harapan masyarakat justru tertuju pada cabang olahraga favorit, yaitu sepakbola dan bulutangkis.
  
"Mau juara umum atau tidak yang penting timnas sepakbola kita juara, itu saja buat saya," kata Handoko (33), yang berprofesi sebagai loper koran.
   
"Kita jangan mau kalah oleh Malaysia dan Thailand, mainnya harus bagus, jangan kalah melulu seperti kemarin," kata Handoko, yang mengaku sebagai suporter fanatik tim nasional yang diperkuat Boaz Salossa dan kawan-kawan itu.
   
Harapan yang tinggi agar prestasi olahraga Indonesia semakin baik pun diungkapkan Siti Alawiyah (42), seorang pedagang, yang mengaku rindu akan masa kejayaan Indonesia dalam cabang Bulu Tangkis.
   
"Badminton itu olahraga rakyat Indonesia, jadi harus berjaya seperti jamannya Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma," kata Siti.
   
"Dulu kita juara terus, sampai internasional juga pasti menang, sekarang kok tidak pernah terdengar lagi prestasinya," katanya.
   
SEA Games ke-26 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 11-22 November mendatang akan diikuti oleh seluruh negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara dan negara Timor Timur.
   
Sebanyak 542 medali emas akan diperebutkan dalam 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. (SDP-10)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011