Bandarlampung (ANTARA) - Senat Institut Teknologi Sumatera (Itera) menetapkan tiga nama calon rektor periode tahun 2022-2026 yang akan diserahkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Ketiga nama yang diserahkan ke Kemedikbudristek ini untuk dikaji sebelum dilaksanakan tahapan pemilihan Rektor Itera berikutnya yang dijadwalkan pada 12 Mei 2022," kata Ketua Senat Itera Prof Dr Sukrasno, M.S., dalam keterangan yang diterima, Jumat.

Baca juga: Lima bakal calon Rektor Itera paparkan visi misi dan program

Dia menyebutkan bahwa ketiga nama calon Rektor Itera tersebut, yakni Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T., .

"Rapat pemaparan visi, misi, dan program kerja bakal calon Rektor Itera menjadi salah satu bahan anggota senat memberikan penilaian dan menetapkan ketiganya sebagai calon rektor untuk diajukan ke Kemendikbudristek dalam sidang tertutup Senat Itera," kata dia.

Prof Sukrasno berharap meski tiga nama calon rektor telah ditetapkan, akan tetapi seluruh bakal calon rektor diharapkan dapat terus bekerja sama untuk membantu Itera.

"Terlebih selama mengikuti tahap penyaringan, para bakal calon Rektor Itera yang semuanya merupakan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) juga sudah dikenalkan dengan kondisi kampus ini," katanya.

Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU, berharap rektor baru kampus ini, nantinya dapat melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan di Itera selama ini, bahkan jauh lebih baik lagi.

"Sebab, selama ini percepatan yang dilakukan Itera sudah cukup baik, mudah-mudahan rektor baru itera ke depan siap menghadapi tantangan dan terus membangun dan memajukan kampus ini,” kata dia.

Sebelum menetapkan tiga calon rektor, Senat Itera telah melaksanakan proses penjaringan dengan membuka pendaftaran, dan dilanjutkan dengan seleksi berkas.

Baca juga: Enam Dosen ITB resmi sebagai bakal calon Rektor Itera

Baca juga: Itera permudah mahasiswa mengakses buku dengan e-library


Dari proses tersebut terjaring enam nama yang telah ditetapkan sebagai bakal calon rektor, namun satu bakal calon rektor, yakni Prof Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., mengundurkan diri sebelum mengikuti tahapan penyaringan.

Kelima kandidat bakal calon Rektor Itera yang masih bertahan selanjutnya mengikuti proses penyaringan dengan memaparkan visi, misi, dan program kerja di hadapan anggota senat dan sivitas akademika dalam Sidang Terbuka Senat Itera.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022