Los Angeles (ANTARA News) - Pabrik mobil dan baterai ramah lingkungan China BYD mengatakan Senin pihaknya telah membuka markas besar baru untuk Amerika Utara di sini.

Kantor baru BYD, didukung oleh raksasa investasi AS Warren Buffet, akan membawa hingga 150 insinyur dan manajemen ke Los Angeles, serta menjadi markas besar keagenan BYD di seluruh benua, lapor AFP.

"Kepemimpinan lingkungan kota kami dan fokus pada pengembangan lapangan kerja teknologi ramah lingkungan terus menarik perusahaan-perusahaan inovatif sepert BYD," kata Wali Kota LA Antonio Villaraigosa.

"BYD tergetar untuk melakukan investasi ini di Los Angeles, sebuah kota global yang berupaya menuju masa depan hijau, berkelanjutan," tambah Ketua BYD Chuanfu Wang dalam sebuah pernyataan.

Sektor otomotif China mengungguli Amerika Serikat pada 2009 untuk menjadi yang terbesar di dunia dan penjualan tahun lalu meningkat lebih dari 32 persen hingga mencetak rekor 18,06 juta unit.

Namun sektor tersebut sejak itu kehilangan tenaga sesudah Beijing menghapus insentif penjualan seperti pengurangan pajak untuk kendaraan bermesin kecil, pada mulanya diperkenalkan untuk mencegah dampak krisis finansial global.

BYD, yang membuat mobil maupun baterai, telah memfokus pada pengembangan kendaraan energi bersih, namun pelambatan industri yang meluas telah menghantamnya dengan keras, kata para analis.

Bulan lalu BYD menyanggah laporan PHK massal namun mengatakan "reshuffle" sedang dilakukan pada tim penjualan dan manajemennya. (K004)
Penerjemah: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011