Jakarta (ANTARA) - Salah satu kendaraan yang cukup menarik perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 adalah mobil listrik mid-size terbaru dari Hyundai, IONIQ 5.

ANTARA berkesempatan menjajal performa dari mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi massal di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat tersebut.

Baca juga: Mencoba performa dan fitur All New Honda BR-V rute Jakarta-Semarang

Berikut ulasan dari impresi pertama mengendarai IONIQ 5 varian Signature.

Eksterior

Dari sisi eksterior, IONIQ 5 hadir dengan desain futuristik. Adapun sisi depan kendaraan dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED. Kap mesin tipe clamshell membuat IONIQ 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

Di sisi belakang, IONIQ 5 menampilkan ciri khasnya dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis.

Baca juga: Menjajal sensasi berkendara dengan All New Honda Civic RS
Hyundai IONIQ 5 varian Signature di sela helatan IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Di sisi samping, gagang pintu IONIQ 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan bodi saat mobil dalam posisi terkunci. Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan otomatis pada tipe Signature.

Interior dan fitur

Masuk ke dalam, pengendara akan disambut dengan interior yang masih mengusung tema futuristik seperti bagian luarnya. Meski mobil ini terlihat sedikit lebih mungil dari luar, namun ternyata bagian dalam IONIQ 5 bisa dibilang cukup luas dan pas untuk dikendarai pengendara Indonesia.

Hyundai mengatakan IONIQ 5 mengaplikasikan beberapa material ramah lingkungan pada bagian interiornya.

Konsol tengah dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, kursi depan yang dapat disesuaikan dan direbahkan sepenuhnya.

Baca juga: Mencicipi MPV premium Hyundai Staria sejauh 300 KM
Hyundai IONIQ 5 varian Signature di sela helatan IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Saat melihat ke sisi atas, keleluasaan dan keterbukaan ruang kabin IONIQ 5 semakin terasa dengan adanya Vision Roof, yaitu panel kaca besar yang memberikan pemandangan luas ke langit untuk penumpang di baris depan hingga baris belakang.

Lalu, setiap kursi pada IONIQ 5 memiliki beragam fitur yang sesuai dengan kriteria kebutuhan masing-masing penumpang. Ada juga fitur pelengkap lainnya seperti Premium Relaxation Seat, LED ambient mood lighting, dan BOSE Premium Sound System dengan 8 speaker.

Sedangkan untuk kebutuhan hiburan dan konektivitas lain yang tersedia adalah 12.3- inch Full TFT LCD Touch Audio Display, serta beberapa titik dan tipe pengisian daya ponsel.


Baca juga: Test drive Nissan Kicks di tiga jenis jalan berbeda

Baca juga: Suzuki: Permintaan "test drive" di rumah naik selama pandemi

Baca juga: OtoDeals hadirkan layanan "test drive from home"
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022