Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) mulai membuka bursa pendaftaran bakal calon ketua umum IMI periode 2011-2015.

"Untuk pendaftaran bakal calon tersebut dimulai 24 Oktober hingga 2 Desember," kata Ketua Tim Pendaftaran Bakal Calon Pimpinan PP IMI, Donni B Prihandana di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, untuk calon pimpinan IMI 2011-2015 ini tidak hanya pemilihan ketua umum tapi juga pemilihan untuk Anggota Dewan Pertimbangan IMI.

"Sebelumnya kami akan melaksanakan sosialisasi dari 13 Oktober hingga 18 November 2011 berkaitan dengan pendaftaran, penjaringan (2-5 Desember) dan pengumuman (5 Desember 2011)," kata Donny.

Tim Pendaftaran Bakal Calon Pimpinan PP IMI ini beranggotakan Edwin Haryono, R Ronny Arifudin, Billy Marbun dan M Amin Saleh.

"Hasil kerja tim akan disampaikan ke Munas IMI VII pada 15-16 Desember 2011 di Solo," katanya.

Adapun persyaratan untuk maju menjadi bakal calon ketua umum IMI periode 2011-2015, menurut Donny, di antaranya memenuhi persyaratan administrasi sesuai Anggaran Dasar dan Anggara Rumah Tangga serta memperoleh rekomendasi tertulis atau diusulkan sekurang-kurangnya tiga pengurus provinsi.

Setiap Pengprov IMI hanya boleh mengusulkan maksimal tiga nama untuk bakal calon ketua umum ini.

Sementara untuk calon Anggota Dewan Pertimbangan IMI harus memenuhi persyaratan seperti pernah menjabat di dalam kepengurusan IMI, baik di tingkat pusat atau pun provinsi.

Selanjutnya, menurut dia, diusulkan atau mendapat dukungan sekurang-kurangnya 11 pengprov, dan setiap pengrov boleh mengusulkan maksimal tiga nama bakal calon.

"Kerberadaan Dewan Pertimbangan IMI ini sesuai dengan rancangan penyempurnaan AD/ART hasil Rakernas IMI 2010," katanya.

Ia menegaskan, hasil kerja tim ini nantinya akan disampaikan ke Munas IMI VII di Solo.

(T.T009/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011