Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan Kotaro Shimizu sebagai Presiden Direktur baru menggantikan Takehiro Watanabe dalam acara serang terima jabatan yang berlangsung di Jakarta, Jumat.

"Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Honda dan saya sangat bangga diberikan kepercayaan untuk dapat memimpin Honda Prospect Motor sebagai pasar yang sangat berpotensi," ucap dia.

Shimizu pertama kali bergabung dengan Honda pada 2001. Sebelum ditugaskan di Indonesia, Shimizu telah ditugaskan di berbagai negara, dimulai pada 2005 di Honda Vietnam, lalu dilanjutkan di Honda Automobile Thailand.

Baca juga: HPM fokus ke mobil segmen LSUV seiring meningkatnya pasar

Pada 2011, dia kembali ditugaskan ke American Honda Motor. Di sana, Shimizu dan Watanabe sempat bekerja dalam satu tim. Shimizu kemudian bertugas di Dong Feng Honda China pada 2016, dan pada 2019, dia bertugas di Honda Motor Co., Ltd. sebelum menjadi Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor pada 2022.

“Saya sangat senang bahwa Honda telah diterima dengan sangat baik di Indonesia, karena itu visi saya adalah memberikan produk-produk yang membuat konsumen kami merasa senang dan puas,” ucap Shimizu.

Sementara itu, Watanabe telah menjabat sebagai Presiden Direktur HPM sejak 2017. Selama masa kepemimpinannya, dia bersama HPM telah meluncurkan total 23 model mobil di berbagai segmen, seperti All New Honda BR-V, All New Honda HR-V dan Honda City Hatchback RS.

Watanabe juga menorehkan prestasi dengan membawa Honda Brio untuk pertama kalinya menjadi model dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada 2020.

Tak hanya di pasar domestik, HPM juga memulai ekspor Honda Brio sejak April 2019 serta ekspor All New Honda BR-V pada Maret 2022.

Selama masa kepemimpinan Watanabe, Honda telah dianugerahi sebanyak 113 penghargaan, termasuk salah satunya Honda City Hatchback RS yang mendapatkan penghargaan sebagai Car of The Year 2021.

Di masa jabatannya, Watanabe juga membawa HPM memperluas jaringan diler di seluruh Indonesia. Sejak 2017 hingga bulan Maret 2022, Watanabe telah membuka sebanyak 13 diler baru, sehingga menambah total diler Honda menjadi 156 diler.

Watanabe mengaku senang bisa bergabung bersama HPM. Dia mengatakan banyak tantangan selama lima tahun kepemimpinannya, terima pandemi COVID-19 yang berdampak besar terhadap sektor otomotif Tanah Air.

“Meskipun demikian, saya bangga dapat memperkenalkan produk-produk yang berkualitas untuk konsumen di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara. Karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak," kata Watanabe.

Baca juga: Pemerintah harap HPM dukung target ekspor 1 juta mobil pada 2025

Baca juga: HPM rilis harga Honda Brio dan Mobilio setelah PPnBM DTP 2022

Baca juga: HPM yakin penjualan di Semarang akan meningkat di 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022