Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan mini Chevrolet Spark versi tenaga listrik akan diluncurkan tahun 2013 dengan target menjadi saingan Nissan Leaf.

"Chevrolet akan memproduksi  versi listrik Spark untuk AS dan pasar global," kata kepala tim insinyur Chevrolet global, Jim Federico di Detroit, Rabu.

General Motors, pemilik merek Chevrolet, sudah memproduksi Chevrolet Volt plug-in, kendaraan hybrid yang dijalankan dengan tenaga listrik dan dilengkapi mesin konvensional. Saat listrik habis, mesin 1.400 cc akan memasok tenaga untuk kendaraan.

Reuters melaporkan bahwa rencana peluncuran Spark versi listrik itu merupakan bagian dari usaha General Motors menjadi "perusahaan otomotif paling 'hijau' " dengan menggeser Toyota Motor Corp.

Saingan terdekat Chevrolet Volt adalah Nissan Leaf

"Kami menyambut pesaing di pasar ini," kata direkut Nissan Americas, Mark Perry kepada Reuters.

"Kami senang GM telah memutuskan untuk memproduksi kendaraan yang sepenuhnya listrik. Segmen ini jadi lebih valid," katanya.

Pasar kendaraan listrik akan semakin ramai karena Ford Motor Co. akan meluncurkan FOcus versi listrik pada akhir tahun ini. TOyota akan meluncurkan Prius terbaru versi plug-in.
(A038)
 

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011