Makassar (ANTARA News) - Jumlah daftar tunggu jamaah calon haji Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulawesi Selatan yang terdaftar di Kantor Kementrian Agama Sidrap hingga Oktober 2011 mencapai 3.776 orang.

"Jumlah daftar tunggu calon haji Sidrap itu sudah mencapai angka 3.776 orang, bahkan angka ini akan terus bertambah setiap tahunnya," ujar Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sidrap, Ahmad Rusdi di Makassar, Selasa.

Kalau mengacu dari kuota haji Kabupaten Sidrap pada 2011 sebanyak yang hanya 254 orang, maka untuk memberangkatkan seluruh calon haji yang telah terdaftar dalam daftar tunggu tersebut memerlukan waktu 15 tahun. Oleh karena itu, dirinya sangat berharap agar terjadi penambahan kuota haji pada tahun-tahun mendatang agar daftar tunggu tidak terlalu lama.

Namun, upaya tersebut tidak begitu saja dapat dikabulkan oleh Kementerian RI, karena kuota haji Indonesia di Tanah Suci terbatas, selain itu, provinsi lainnya di Indonesia juga mengajukan permohonan serupa ke Kementerian Agama RI.

"Kami juga ingin memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan mengenai banyaknya yang sudah mendaftar dan menjadi daftar tunggu agar kiranya bisa lebih bersabar lagi sambil meminta kuota haji per tahunnya," katanya.

Ia mengungkapkan, 254 JCH yang sudah diberangkatkan ke pemondokan Asrama Haji Sudiang Makassar dan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11 itu sudah menjadi daftar tunggu selama lima tahun.

"Semua calon haji yang diberangkatkan tahun ini sudah masuk dalam daftar tunggu lima tahun ke atas dan umumnya mereka semua juga sudah memasuki usia lanjut," tuturnyaa.  (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011