Jakarta (ANTARA) - Carlos Sainz mengingatkan para fan Ferrari tetap fokus dan realistis menyusul kejutan awal musim yang dibuat tim asal Italia itu di Bahrain akhir pekan lalu.

Sang pebalap Spanyol, yang finis kedua di belakang rekan satu timnya Charles Leclerc di balapan pembuka musim di Sakhir saat kedua Ferrari mengklaim finis 1-2 pertamanya sejak 2019, mengingatkan bahwa menang lagi tidak akan mudah.

"Bahkan apabila kami mendapati kedua mobil di atas posisi podium di balapan pembuka, kita harus ingat bahwa kita tidak bisa menyepelekan orang lain dalam pertarungan musim ini," kata Sainz dikutip AFP jelang Grand Prix Arab Saudi di Jeddah, Kamis.

Baca juga: Charles Leclerc juarai balapan pembuka musim F1 2022 GP Bahrain

"Jadi kami tetap harus fokus dan mencoba mengembankan mobil kami dengan benar. Mercedes dan Red Bull akan meningkat dengan cepat, tapi kami mengantisipasi itu."

Setelah dua tahun membela McLaren, Sainz (27) bergabung dengan Ferrari menyusul kontrak berdurasi dua tahun pada awal musim 2021, menggantikan Sebastian Vettel.

"Bagi saya, ini kali pertama, atau kelihatannya demikian, saya mungkin memiliki mobil yang bisa memenangi gelar yang bisa diandalkan, jadi saya kira saya akan mencoba turun ke pertarungan ini dan bersenang-senang. Saya akan mencoba menikmatinya tahun ini," kata Sainz.

Bos tim Ferrari Mattia Binotto terkesan dengan performa timnya di Bahrain namun memperkirakan butuh tiga hingga empat balapan lagi sebelum terlihat jelas tim mana yang berada dalam perebutan gelar juara dunia.

Baca juga: Charles Leclerc rebut pole position balapan pembuka musim F1 2022

Red Bull tampil kuat sebagai penantang di Bahrain, ketika juara dunia bertahan Max Verstappen di posisi kedua mendekati Leclerc sebelum dipaksa menyudahi balapan karena masalah bahan bakar.

Rekan satu timnya, Sergio Perez kehilangan kesempatan podium karena masalah serupa.

Tumbangnya kedua mobil Red Bull membuka jalan bagi Lewis Hamilton untuk naik ke mimbar setelah finis P3 untuk Mercedes.

"Jika salah satu dari kami tampil menonjol dan memimpin klasemen, yang lain akan membantu di kejuaraan ini," kata dia.

"Itu terjadi di semua tim. Apa yang penting adalah ambil bagian di pertarungan ini. Situasi yang akan ideal adalah bila kami bertarung memperebutkan titel tanpa mendapati tekanan dari tim-tim lain, dan saya sangat ingin berada di tempat teratas."

Baca juga: Sainz akui belum temukan limit Ferrari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022