Jakarta (ANTARA News) - Kota Paris membuat terobosan dengan menyediakan kendaraan listrik untuk disewa  bergantian oleh warga.

TUjuan dari sistem itu adalah mengurangi kepadatan lalu lintas, melonggarkan ruang terbuka dari parkir sekaligus mempromosikan mobil listrik.

Seperti dilaporkan Reuters, kendaraan yang digunakan adalah Bluecar buatan Autolib, merek yang dimiliki usahawan Prancis Vincet Bollore.

Bluecar yang merupakan sedan buntung mungil itu menggunakan baterai litium-metal-polimer. Harga sewa untuk 30 menit adalah 4 hingga 8 euro. Penyewa harus terlebih dulu punya kartu anggota Autolib seharga 10 euro (sekitar Rp12.500).

"Kami ingn agar orang mengubah konsep mereka, dari yang harus punya mobil menjadi hanya sebagai pengguna mobil," kata General Manajer Autolob Morald Chibout.

Pihak pemerintah kota Paris menyatakan sistem tersebut bukan untuk menyaingi bisnis rental kendaraan. Sistem sewa dirancang agar pemakai hanya menggunakan Bluecar untuk jarak dekat.

Bluecar punya jarak tempuh 250km sebelum harus "dicas" ulang selama 4 jam.

Proyek senilai 235 juta euro itu dicetuskan oleh walikota Paris, Bertrand Delanoe. Saat ini tersedia  66 kendaraan dan 33 stasiun rental.

Nantinya,pada akhir 2012, akan ada 3 ribu kendaraan dan lebih dari seribu stasiun rental.

Bluecar dibuat secara khusus oleh perancang Pininfarina yang biasa menangani Ferarri dan Maserati.Bollore memperkirakan sistem tersebut mulai menghasilkan laba setelah tahun ke-7.
(A038)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011