Palembang (ANTARA News) - Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Prof dr H Mahyuddin NS mengatakan, pelaksanaan SEA Games XXVI Indonesia pada 11-22 November 2011 tidaK akan diundur, karena itu sudah ditetapkan.

Memang ada beberapa fasilitas pertandingan di Jakabaring yang pembangunannya mengalami hambatan, tetapi SEA Games XXVI tetap akan berjalan sesuai jadwal, kata Mahyuddin kepada wartawan di Palembang, Kamis.

Sebagaimana SEA Games XXVI Indonesia dilaksanakan di dua tempat yakni DKI Jakarta dan Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan berlangsung pada 11-22 November 2011.

Kehadiran Komisi X DPR RI itu ke Palembang sehubungan melihat perkembangan pembangunan sejumlah fasilitas SEA Games tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah dilihat dari dekat ternyata pembangunan venues yang diragukan tidak selesai tepat waktu, ternyata diyakini akan rampung sebelum pelaksanaan pesta olahraga dua tahunan mendatang.

Penyelesaian pembangunan fasilitas pesta olahraga akbar yang masih diragukan itu seperti kolam renang, stadion atletik dan menembak, ternyata tidak mengalami hambatan yang berarti, katanya.

Memang, lanjut dia, selama ini hambatan pembangunan fasilitas SEA Games itu antara lain karena pelaksanaannya melalui proses tender termasuk pendanaan.

Untuk mendukung supaya kegiatan tersebut berjalan lancar, pihaknya akan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar mempercepat pendanaan, ujar dia lagi.

Begitu juga pengadaan pelaratan sekarang ini sudah disetujui pemerintah pusat tidak lagi melalui proses tender, tetapi penunjukan langsung, karena sudah sangat mendesak, kata dia pula.

Oleh karena itu, menurut dia, pihaknya yakin pesta olahraga yang diikuti utusan sebelas negara termasuk tuan rumah Indonesia tersebut akan berjalan lancar.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pihaknya memang terus bekerja secara maksimal supaya pesta olahraga pertama dilaksanakan di luar pulau Jawa itu sukses.

Pembangunan fasilitas SEA Games tetap jalan walaupun banyak kendala yang dihadapi, kata dia.

(T.U005/M033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011