Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 24 klub dinyatakan lolos verifikasi oleh PSSI dan berhak tampil pada kompetisi tertinggi di Tanah Air musim 2011/2012.

Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus di Jakarta, Selasa, mengatakan, keputusan ini diperoleh setelah pihaknya menyelesaikan proses verikasi dan telah ditetapkan pada rapat Komite Eksekutif PSSI.

"Peserta tetap sama dengan keputusan awal yang telah disetujui," katanya dengan tegas.

Dengan lolosnya 24 klub ini, komposisi peserta kompetisi tertinggi di Tanah Air musim 2011/2012 adalah 14 klub Indonesia Super League (ISL), 4 klub promosi dan enam klub tambahan.

14 klub ISL itu adalah Persipura, Arema Indonesia, Persija Jakarta, Semen Padang, Sriwijaya FC, PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya, Persib Bandung, Persijap Jepara, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Persiwa Wamena, Persela dan Deltras Sidoarjo.

Untuk empat klub promosi dari Divisi Utama adalah Persidafon Dafonsoro, Persiraja Banda Aceh, Persiba Bantul dan Mitra Kukar.

Sedangkan enam klub tambahan yang diusulkan adalah Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSM Makassar, PSMS Medan, Persebaya Surabaya dan Bontang FC.

Sihar mengatakan, dengan diputuskannya hasil verifikasi, maka saat ini tinggal menunggu proses inspeksi dari konfederasi sepak bola Asia (AFC) guna menentukan lolos tidaknya untuk turun pada Asian Champions League (ACL).

"Tanggal 30 nanti AFC datang ke sini dan langsung melakukan inspeksi klub hingga dua pekan ke depan," kata pemilik klub Pro Duta itu.

Meski telah memutuskan jumlah klub yang akan turun di kompetisi tertinggi di Tanah Air, PSSI dalam hal ini Komite Kompetisi belum menetapkan jadwal pertandingan pertama atau kick off pertandingan musim ini.

"Mungkin sekitar tanggal 9 sampai 14 Oktober," kata Sihar dengan singkat.

Penetapan 24 klub yang turun di kompetisi tertinggi ditanggapi dengan serius oleh beberapa klub peserta di antaranya Pelita Jaya Karawang.

Menurut Manajer Pelita Jaya, Lalu Mara, dengan tingginya jumlah peserta akan berdampak pada jumlah pertandingan dan berdampak pula pada kebugaraan pemain dalam setiap klub.

"Bayangkan saat 18 klub saja butuh 25 pemain. Jadi Kalau 24 klub butuh 35 sampai 40 pemain. Ini hasil konsultasi dengan dokter," katanya di sela diskusi sepak bola yang diprakarsai oleh media nasional Go Sport.

Dengan membengkaknya jumlah klub dari 18 menjadi 24, kata dia, jumlah pertandingan setiap klub juga meningkat. Berdasarkan pendataan setiap klub akan bertanding sebanyak 46 kali atau jumlah pertandingan keseluruhan menjadi 552 kali.

"Kebugaran pemain sangat rentan. Kami tidak ingin pemain kekelahan. Kalau sampai ada yang meninggal, siapa yang akan bertanggung jawab?," katanya dengan tegas.

Jika kompetisi benar-benar digulirkan sesuai dengan jadwal awal yaitu 9 Oktober maka diperkirakan akan tuntas Oktober 2012 mendatang atau lebih dari 10 bulan (standar AFC).

(T.B016/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011