Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) bersama Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mematangkan rencana kerja sama pembangunan, pengembangan, dan pengelolaan kawasan metropolitan Pekan Sikawan.

"Kerja sama yang akan dilakukan ini merupakan wujud peran serta Itera dalam membangun kota-kota yang ada di daerah Sumatera," kata Rektor Itera Prof. Mitra Djamal, IPU, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Senin.

Rektor menyampaikan memajukan daerah di Sumatera sudah menjadi tugas yang diamanahkan pemerintah kepada Itera, selain membangun sumber daya manusia (SDM) di bidang sains dan teknologi.

"Oleh karena itu juga Itera hadir guba membantu membangun seluruh daerah yang ada di Sumatera, termasuk Kota Pekanbaru Riau," kata dia.

Meski masih tergolong sebagai perguruan tinggi negeri baru, Mitra Djamal menekankan, bahwa Itera juga mendapatkan dukungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang selama ini mendukung sumber daya manusia ahli di kampus ini.

Baca juga: Institut Teknologi Sumatera buka dua program studi baru

"Dengan SDM yang kami miliki, tentunya Itera siap membantu mengembangkan rencana pembangunan yang akan di lakukan oleh Pemkot Pekanbaru," ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru Azwan, mengapresiasi dukungan yang diberikan Itera terhadap rencana pembangunan metropolitan Pekan Sikawan.

Ia pun menyampaikan bahwa rencana tersebut juga telah mendapat dukungan dari Walikota Pekanbaru yang berharap dapat dilakukan penguatan konsep dan kelembagaan dalam pembangunan Metropolitan Pekan Sikawan.

“Kerja sama pengembangan metropolitan Pekan Sekawan sudah berjalan, namun untuk efektifitas membutuha6kan optimalisasi, sehingga kerja sama dengan Itera diharapkan dapat mendukung untuk mempercepat hal tersebut,” kata dia.

Baca juga: Kebun Raya Itera jadi tempat konservasi tanaman identitas Sumatera
Baca juga: Itera permudah mahasiswa mengakses buku dengan e-library

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022