Jakarta (ANTARA News) - Pengumuman hasil verifikasi klub yang akan turun pada kompetisi tertinggi di Tanah Air ditunda karena belum semua klub melengkapi berkas-berkas yang diminta PSSI.

Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus di Jakarta, Senin, mengatakan, belum lengkapnya semua berkas yang dibutuhkan maka proses tabulasi data yang diharapkan tuntas hari ini belum bisa dipublikasi.

"Kemungkinan diumumkan besok, Selasa (27/9). Yang jelas kami masih menunggu kelengkapan berkas dari beberapa klub," katanya.

Meski belum semua klub melengkapi berkas yang diminta, anggota Komite Eksekutif PSSI itu mengisyaratkan ada enam klub yang diperkirakan tidak lolos verifikasi karena dianggap tidak memenuhi standart Asian Champions League (ACL).

Namun, pemilik klub Pro Titan itu tidak menjelaskan dengan detail klub mana yang terancam terdepak dari kompetisi tertinggi di Tanah Air untuk musim 2011/2012.

"Tunggu saja setelah semuanya beres. Karena keenam klub itu masih berpeluang bertahan jika telah memenuhi persyaratan yang diminta," katanya menambahkan.

Jika benar-benar ada enam klub yang berpeluang gagal lolos verifikasi maka jumlah klub yang akan turun di kompetisi tertinggi akan tetap berjumlah 18 klub seperti Indonesia Super League (ISL) musim 2010/2011.

Tidak seperti yang diinginkan PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin yang menginginkan kompetisi tertinggi diikuti 24 klub berdasarkan rapat Komite Eksekutif PSSI di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta beberapa waktu lalu.

Ada enam klub yang dipaksakan masuk pada kompetisi tertinggi yaitu tiga eks klub Liga Primer Indonesia yaitu Persema Malang, Persibo Bojonegoro dan PSM Makassar. Sedangkan tiga klub lain adalah Persebaya Surabaya, PSMS Medan dan Bontang FC.

Jika verifikasi telah selesai maka sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh PSSI, kompetisi tertinggi akan digulirkan pada 9 Oktober mendatang.

(T.B016/A016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011