Jakarta (ANTARA) - Pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) yang digelar pada 12-20 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) diharapkan menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk memanfaatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP).

Jakarta Auto Week dalam siaran pers Kamis, menyebutkan bahwa pameran itu menampilkan berbagai lini kendaraan baru dari mayoritas jenama otomotif di bawah naungan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Mobil baru itu bahkan bisa dicicipi secara langsung oleh pengunjung.

Mengutip dari siaran persnya, Kamis, pameran yang fokus untuk mendorong penjualan itu menghadirkan Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya.

Beberapa mobil dari merek tersebut mendapat insentif PPnBM-DTP 50 persen dengan harga maksimal Rp250 juta, antara lain Daihatsu Rocky, Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, Suzuki XL7, Suzuki Ertiga, Toyota Raize dan Toyota Avanza, hingga Mitsubishi Xpander GLS M/T.

Dengan demikian, konsumen yang tertarik memanfaatkan program itu bisa langsung mengunjungi booth merek mobil yang dikehendaki. Adapun konsumen yang ingin mencoba kendaraan terlebih dahulu bisa menghubungi tenaga penjual pada merek yang diinginkan untuk didata kemudian diarahkan menuju lokasi test drive.
 
Lokasi test drive Jakarta Auto Week (ANTARA/HO)


"Kami berharap bahwa momen atau forum dari acara pameran Jakarta Auto Week ini bisa menjadi konkrit bagi penjualan produk-produk mobil di Indonesia," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam pembukaan pameran JAW 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022 diselenggarakan untuk mendorong angka penjualan kendaraan di Indonesia, khsususnya pada semester pertama tahun 2022.

Penyelenggaraan pameran ini, kata dia, digelar di tengah masih berlakunya kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) serta adanya berbagai macam tawaran promo menarik dari peserta pameran. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung untuk melakukan transaksi selama berlangsungnya pameran.

"Kami berharap Jakarta Auto Week dapat mendapat sambutan positif dari masyarakat dan dapat mencatat hasil yang maksimal, bisa terlaksana dengan pemberlakuan protokol kesehatan di sepanjang pameran," ucap Nangoi.

Baca juga: Jakarta Auto Week 2022 janjikan berbagai promo menarik

Baca juga: Gaikindo: Jakarta Auto Week momen tepat untuk manfaatkan PPnBM


Free shuttle stasiun MRT terdekat

Masyarakat yang ingin menyambangi Jakarta Auto Week tidak perlu repot mencari lokasi parkir atau alat transportasi menuju lokasi pameran, sebab Seven Event selaku penyelenggara telah menyiapkan transportasi gratis (free shuttle) dari stasiun MRT terdekat. Artinya, pengunjung yang memanfaatkan moda transportasi umum bisa menggunakan free shuttle dari Stasiun Istora menuju Jakarta Convention Center.

Jam operasional shuttle bus menuju Jakarta Auto Week 2022 di Weekdays mulai pukul 11.00 dan di Weekend pukul 10.00 dari stasiun MRT terdekat. Shuttle bus akan beroperasi dari dan ke JCC-Stasiun Istora Mandiri setiap 15 menit.

Jakarta Auto Week juga memastikan seluruh pihak yang terlibat, termasuk pengunjung, telah memenuhi syarat antara lain, untuk pengunjung berusia 12 tahun ke atas telah memenuhi vaksin lengkap 2 kali dosis dan minimal 1 kali dosis untuk anak berusia 6-12 tahun, serta telah terdaftar diaplikasi PeduliLindungi.

Berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, Jakarta Auto Week mulai pukul 10.00-21.00 WIB untuk weekend dan pukul 11.00-21.00 WIB untuk weekdays. Tiket JAW 2022 hanya dijual secara online pada aplikasi GIIAS Auto360, yang tersedia pada Appstore dan Playstore. Untuk tiketnya sendiri akan terbagi menjadi tiket weekdays Senin- Jumat seharga Rp50.000,- dan weekend Sabtu-Minggu seharga Rp70.000.

Baca juga: Jakarta Auto Week, ajang peluncuran dan sarana test drive mobil baru

Baca juga: Menperin harap pameran Jakarta Auto Week dongkrak penjualan kendaraan

Baca juga: Ragam layanan penjualan dan purna jual Mitsubishi di Jakarta Auto Week
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022