Mungkin saja dengan kinerja baik tersebut menjadi penilaian tersendiri bagi Karen"
Jakarta (ANTARA News) - Wacana perombakan kabinet (reshuffle) kembali mencuatkan nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan yang diduga kuat akan menggantikan Darwin Zahedy Saleh sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Anggota Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana (F-Demokrat) dan Achmad Rilyadi (F-PKS) menyatakan itu saat dihubungi secara terpisah, di Jakarta, Rabu.

Sutan mengatakan siapapun berkesempatan duduk di kursi kabinet namun Presiden-lah yang menentukan.

"Seperti kata Pak SBY, tunggu tanggal mainnya. Insya Allah nanti akan lebih baik lagi," katanya.

Mengenai Karena, Sutan mengaku dia sudah lama digadang-gadang masuk kabinet. Karena dinilai berkinerja cukup baik di Pertamina.

"Mungkin saja dengan kinerja baik tersebut menjadi penilaian tersendiri bagi Karen," ujarnya.

Hal senada disampaikan Achmad Rilyadi. "Membandingkan Darwin dengan Karen, keduanya memiliki latar belakang berbeda. Kalau Darwin bukan orang perminyakan, sementara Karen itu dari perminyakan," kata dia.

Santer dikabarkan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan akan diganti karena bakal segera menjabat Menteri ESDM.

Sementara Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung di Kantor Lemhannas sebelumnya menyatakan, rencana perombakan itu menguat, bukan hanya menteri tapi juga direksi-direksi BUMN dan pimpinan nonkementerian, dengan tujuan mempercepat akselerasi ekonomi.

"Presiden SBY pasti punya prioritas. Saya bicara dengan Presiden kemarin dan beliau menyatakan akan melakukan reshuffle sekali ini lagi dan sekali ini saja. Kenapa? Supaya sisa tiga tahun ke depan bisa full speed," jelas pemilik Para Grup ini. (*)

E008/I007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011