alasan resmi pembatalan itu adalah akibat jatuh sakitnya wakil perdana menteri Mesir"
Kairo (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie yang sedianya tiba di Kairo Rabu ini untuk menghadiri Hari Jadi Demokrasi Internasioanl (Internastional Day of Femocracy) di ibukota Mesir, batal mengunjungi kota itu.

"Seharusnya Ketua DPR RI tiba di Kairo hari Rabu dan disusul Pak Hidayat Nur Wahid (Ketua Badan Kerja Sama Antarparlemen DPR) pada Selasa (13/9), namun secara mendadak dibatalkan," kata Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Kairo, Muhammad Abdullah kepada ANTARA, Selasa.

Sekretaris I Fungsi Politik KBRI Kairo, Thomas Ardian Siregar, membenarkan pembatalan kunjungan kedua tokoh parlemen Indonesia itu karena Mesir mendadak membatalkan upacara Hari Jadi Demokrasi tersebut.

"Semua proses kunjungan telah disiapkan oleh KBRI Kairo bekerja sama dengan kantor Perdana Menteri Mesir yang menjadi tuan rumah dalam acara internasional itu namun tiba-tiba dibatalkan oleh pihak Mesir dengan alasan situasi dalam negeri," kata Thomas.

Sementara Sekretaris III Fungsi Politik KBRI Kairo, Dalia Kusuma Dewi, menjelaskan, alasan resmi pembatalan itu adalah akibat jatuh sakitnya wakil perdana menteri Mesir yang mengetuai perhelatan parlemen internasional itu.

Mesir belum mempunyai parlemen setelah dibekukan menyusul tumbangnya rezim Hosni Mubarak 11 Februari 2011.

Acara Hari Jadi Demokrasi Internasional itu sedianya dilangsungkan Kamis (15/9) di Hotel Faimond, Heliopolis, Kairo.(*)

M043

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011