Surabaya (ANTARA News) - Tim Persebaya Surabaya versi Wishnu Wardhana melalui badan usaha PT Mitra Muda Inti Berlian, secara resmi mengontrak Miroslav Janu sebagai pelatih untuk kompetisi liga profesional musim 2011/2012.

Manajer Persebaya Muhammad Alyas menjelaskan pelatih asal Republik Ceko itu dikontrak untuk satu musim kompetisi.

Mantan pelatih PSM Makassar dan Arema Indonesia itu, akan didampingi Tony Ho, Assegaf dan Herman Kardiaman sebagai asisten pelatih.

Ketiga nama asisten ini pernah bekerja sama dengan Miroslav Janu saat menangani PSM Makassar pada kompetisi musim 2004.

"Kami sepakat mengontrak Janu selama satu musim, tetapi tidak menutup kemungkinan kontraknya diperpanjang jika kinerjanya bagus," kata Alyas usai bertemu Miroslav Janu.

Terpilihnya Miroslav Janu sekaligus menyisihkan beberapa kandidat pelatih lain, seperti Freddy Muli dan Subangkit. Namun, manajemen Persebaya tetap memasukkan Freddy Muli sebagai asisten manajer tim.

"Pak Freddy punya kemampuan manajemen yang bagus, terutama dalam masalah teknis. Keberadaan dia bisa membantu kinerja pelatih," tambah Alyas.

Ia menambahkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih untuk menyusun komposisi pemain yang disiapkan menghadapi kompetisi liga profesional level 1.

Ditemui usai pertemuan, Miroslav Janu mengatakan bahwa dirinya menerima tawaran melatih Persebaya versi Wishnu Wardhana, karena tim tersebut paling serius dibanding tim lain.

"Sudah sekitar satu minggu saya berada di Indonesia dan baru tadi malam (Minggu, 11/9) dihubungi pengurus Persebaya untuk datang ke Surabaya membicarakan tawaran itu," katanya.

Pelatih yang pernah mengantar PSM Makassar menjadi "runner up" Liga Indonesia 2004 itu, belum bersedia mengungkapkan komposisi pemain yang akan direkrut.

Namun, ia sempat menyebut dua pemain yang memperkuat Persebaya 1927, yakni Taufiq dan Andik Vermansyah, cukup layak untuk direkrut. Namun, keduanya kini bergabung di tim Persebaya versi Cholid Goromah.

"Saya terserah pada mereka. Kalau memang bersedia gabung, kami dengan senang hati akan menerimanya," ujar Janu.

Ia mengakui bahwa waktu tiga pekan sebelum bergulirnya kompetisi yang rencananya dimulai 8 Oktober 2011, memang cukup pendek untuk menyiapkan tim.

Sumber di internal Persebaya versi Wishnu Wardhana mengungkapkan bahwa beberapa pemain yang kini memperkuat timnas senior, sedang dibidik untuk memperkuat tim.
(D010)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011