Balikpapan, (ANTARA News) - Manajer Persiba Jamal Al Rasyid menyatakan lebih setuju bila format kompetisi mendatang tetap dalam satu wilayah.

Dalam format satu wilayah itu seluruh tim akan berhadapan, kualitas kompetisi akan lebih baik dan pemain lebih teruji, seperti yang sudah berlangsung selama ini.

"Kalau yang dipersoalkan dana, saya sudah menghitung, ternyata tidak terlalu signifikan perbedaan pengeluaran tim untuk bertanding satu wilayah atau dua wilayah," tegas Jamal di Balikpapan, Kaltim, Minggu.

Persiba sendiri saat ini sudah bernaung dalam badan usaha bernama PT Balikpapan Kick Off.

Perusahaan inilah yang sekarang secara profesional mengurusi seluruh kebutuhan tim, terutama dalam hal mencari sponsor untuk kebutuhan tim.

Sementara itu, bintang-bintang Persiba Balikpapan seprti Aldo Baretto, Robertino Pugliara, dan bintang baru Kenji Adachihara serta Angelo Martha dijadwalkan tiba kembali di Kota Minyak, Senin (12/9).

Mereka akan segera memasuki jadwal berikutnya, memulai latihan perdana untuk musim kompetisi 2011-12, pada Selasa (13/9), bersama para bintang lokal seperti Sultan Samma, Wahyu Wijiastanto, dan FX Yanuar, dan seluruh anggota skuad Persiba lainnya.

"Semua akan datang, baik sudah kami kontrak ataupun belum,?" kata Jamal.

Beberapa pemain yang sudah memastikan diri bergabung kembali dengan Persiba seperti Aldo Baretto atau Robertino Pugliara, memang baru akan meneken kontraknya pekan ini. Baik Aldo maupun Robertino baru saja pulang kampung, Aldo ke Paraguay dan Robertino ke Argentina.

Namun demikian, menurut Jamal, kemungkinan besar kiper Made Wirawan yang masih bergabung di Tim Nasional belum bisa merapat ke Balikpapan karena masih mengikuti program latihan Timnas.

Latihan perdana Selasa, akan dipimpin langsung pelatih Hariyadi, pelatih yang mulai dari putaran kedua musim lalu menangani Beruang Madu. Latihan digelar di lapangan Stadion Parikesit di Komplek Pertamina, stadion kandang Persiba.

Pelatih Hariyadi dianggap manajemen dan suporter sukses memadukan kembali tim setelah terseok-seok di papan bawah klasemen. Persiba mengakhiri kompetisi dengan berada di urutan ke-10 klasemen akhir Liga Super Indonesia.

"Kalau mendapat kesempatan cukup, kami yakin Hariyadi bisa membawa Persiba berprestasi lebih baik," kata Ketua Umum Persiba Syahril M Taher

Walau format kompetisi Liga Super Indonesia musim mendatang belum jelas, yaitu apakah tetap dalam satu wilayah atau dibagi menjadi dua wilayah, Persiba sudah merekrut pemain untuk menghadapi kompetisi tersebut.

Rekrutan ini baik para pemain musim lalu yang mendapat nilai bagus dari evaluasi pelatih dan pengurus sehingga mendapat perpanjangan kontrak, ataupun para pemain baru.

Persiba melepas separuh pemain dari musim lalu, termasuk il capitano Mijo Dadic yang sebelumnya sudah tiga tahun berkostum Beruang Madu, dan bintang Singapura Khairul Amri yang agak rapuh dan sering cedera saat bersama Persiba.

Sampai pertengahan Agustus lalu, pelatih Hariyadi menyatakan ia masih mencari pemain bertahan, bek dan juga kiper, dan beberapa gelandang untuk melengkapi skuad Beruang Madu musim kompetisi ini.
(ANT-188/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011