Jakarta (ANTARA News) - Amazon.com Inc berencana meluncurkan tablet lebih murah dan lebih kecil dibanding perangkat tablet Apple iPad pada November, menurut blog TechCrunch akhir pekan lalu.

Tablet yang dijual 250 dolar AS memiliki layar 7 inci lebih kecil dari iPad, sebesar Playbook dari RIM, Perangkat itu ditujukan untuk musik dan film dari internet.

Amazon sebagai toko ritel Internet pertama dalam tablet seperti Kindle berfungsi sebagai sebuah e-book dan digadang-gadang sebagai calon kuat penantang Apple dengan tablet murahnya dijual seharga $ 499.

Motorola dan Samsung tercecer lantaran Apple menguasai pangsa pasar pada kuartal tiga, sementara Hewlett Packard telah melempar handuk dengan diumumkannya penghentian penjualan TouchPad. Minggu ini, Sony Corp terjun ke pasar dengan perangkat yang minim teknologi.

Analis optimistis dengan gadget Amazon karena harganya yang lebih murah dibanding iPad dan Amazon mampu menjual 5 juta tablet pada kuartal keempat, menjadi saingan teratas Apple, perkiraan Forrester Research.

Apple menjual antara 7-9 juta tablet perkuartal.

Tablet Amazon menggunakan sistem operasi Google Android versi lama, WiFi dan hadir dengan layar sentuh tapi terbatas hanya dengan memori 6 GB.

TechCrunch mengatakan perangkat tablet ini lebih mengutamakan fungsi konten internet atau gadget. Layar utama tablet itu memiliki tombol putar pembaca buku, pemutar musik, pemutar film dan aplikasi lain.

TechCrunch mengatakan tablet Amazon dengan layar 10 inchi akan hadir pada 2012 dengan catatan penjualan tablet 7 inchi diterima baik pasar. (Adm)

Copyright © ANTARA 2011