Jakarta (ANTARA News) - Honda Motor Co berambisi menggandakan proporsi kendaraan mini di Jepang dalam waktu lima tahun.

Reuters mengutip harian bisnis Nikkei pada hari Senin yang menyebutkan Honda berharap mampu membujuk konsumen untuk berganti kendaraan meski pasar domestik sedang anjlok.

Kendaraan mini merupakan sesuatu yang khas Jepang dan kapasitas mesinnya dibatasi hingga 660 cc.

Saat ini, sepertiga penjualan mobil baru adalah kendaraan mini. Hal ini berkat pemberlakuan pajak khusus untuk kendaraan jenis tersebut.

Kendaraan mini biasanya dimiliki masyarakat pedesaan dan berfungsi sebagai kendaraan ke-2 atau ke-3.

Honda, perusahaan otomotif terbesar ke-3 di Jepang, pada Desember akan meluncurkan tipe wagon terbaru yang hemat BBM: 25 km/liter.

Nikkei menyebut bahwa kendaraan dari Honda itu akan menjadi kendaraan paling hemat BBM di kelasnya. Dua model lainnya akan diluncurkan tahun 2012, tulis Nikkei.

Bos Honda, Takanobu Ito tahun lalu mengatakan tidak akan kaget jika kendaraan mini akan merebut 50 persen pasar otomotif di Jepang.

Perusahaan otomotif lainnya, Suzuki Motor Corp dan Daihatsu Motor Co. juga sudah mengumumkan rencana untuk memperkuat penjualan di pasar kendaraan mini.

Nissan Motor Co dan Mitsubishi Motors Corp pada bulan Mei menyatakan akan bekerja sama untuk mengembangkan kendaraan mini.

Toyota pada beberapa pekan mendatang juga akan masuk ke segmen kendaraan mini lewat pabrik Daihatsu.

Honda hingga tahun lalu menjual 160 ribu kendaraan mini atau 24 persen dari total 650 ribu kendaraan yang mereka jual di Jepang.

Kini, Honda berencana meningkatkan penjualan hingga 300 ribu kendaraan mini dalam waktu lima tahun atau 43 persen dari proyeksi penjualan Honda yang 700 ribu unit, tulis Nikkei.
(A038)
 

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011