Semarang (ANTARA News) - Alokasi pengadaan kendaraan dinas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan sistem sewa bertambah sekitar empat miliar rupiah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2011.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Jawa Tengah, Herry Supangkat, di Semarang, Senin, mengatakan, alokasi anggaran tersebut untuk memenuhi kekurangan dalam pengadaan kendaraan dinas.

Meski demikian, ia belum dapat mengatakan jumlah kendaraan yang akan disewa dengan tambahan anggaran sebesar itu.

Ia menjelaskan, sebagian besar tambahan kendaraan dinas tersebut diperuntukkan bagi sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah.

"Berapa jumlah kendaraan untuk Sekretariat DPRD dan untuk siapa saja, saya kurang hafal," katanya.

Ia mengatakan, alokasi tambahan anggaran untuk pengadaan kendaraan dinas itu merupakan bagian dari kelanjutan penganggaran pada APBD 2011 yang sudah menyiapkan sekitar Rp12,1 miliar untuk menyewa 164 kendaraan.

Anggota DPRD Jawa Tengah, Wahyudin Noor Aly, mengatakan, pengadaan kendaraan itu harus tepat guna dan efisien.

"Pengadaan harus sesuai dengan kebutuhan operasional di lapangan," kata Wahyudin yang anggota Komisi A yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan itu.

Politikus Partai Amanat Nasional itu mencontohkan operasional kendaraan dinas anggota DPRD yang bukan ditujukan untuk perorangan.

"Kendaraan dinas untuk anggota DPRD diperuntukkan secara bersama-sama, tidak dikuasai oleh perorangan saja penggunannya," katanya. (I021/M029/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011