Bandung (ANTARA News) - Pemudik sepeda motor mendominasi arus balik Lebaran 1432 H/2011 di jalur selatan Kota Bandung terutama di jalan Soekarno-Hatta, Sabtu malam.

"Meski mulai ramai pemudik sepeda motor, juga kendaraan roda empat, arus lalu lintas masih lancar," kata Kepala Polsek Panyileukan Kota Bandung Kompol Komarna.

Ia mengatakan, arus balik memang mulai terlihat padat tetapi masih relatif lancar. Pada jam-jam tertentu terkadang macet, bahkan terpantau sekitar 1.000 kendaraan per menit melewati jalur tersebut.

"Kami memperkirakan pada Sabtu (3/9) malam dan Minggu (4/9) malam akan terjadi puncak arus balik Lebaran 2011," ujarnya.

Meski di Bandung masih lancar, kata dia, pihaknya tetap menyiagakan anggota di Pos Pengamanan Cibiru Bandung, tidak ada pengurangan personel.

Menurut dia, di saat arus lalu lintas yang tidak ramai kendaraan, polisi juga bergerak memantau permukiman warga sekitar pos pengamanan tersebut.

"Tiga kendaraan dan 15 personel yang berjaga untuk masa lebaran ini difokuskan mengatur arus lalu lintas, namun sekali-kali memantau keadaan warga rumah warga agar keamanan tetap terjaga," katanya.

Ia mengatakan kebanyakan arus balik terjadi pada sore menjelang malam meski di siang hari masih terlihat arus balik sepeda motor dari barat ke timur.

Sementara itu, dari informasi yang di lapangan, hingga pukul 20.00 WIB (Sabtu, 3/9) arus lalu lintas di sekitar Ledeng, Setiabudi dan Cihampelas macet total karena padatnya kendaraan di ruas jalan tersebut.  (ANT-278/E005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011