Cirebon (ANTARA News) - Memasuki hari ketiga Idul Fitri 1432 Hijriyah, arus balik di jalur utama pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terutama mereka yang bersepeda motor dari arah Jawa Tengah tujuan Jakarta kini mulai ramai lancar.

Hasil pantauan di sepanjang jalur utama pantura Cirebon, Jumat, arus balik sejak memasuki hari kedua Idul Fitri 1432 Hijriyah terutama pengendara roda dua mulai meningkat.

Seorang pedagang dadakan di Jalan Ahmasd Yani Kota Cirebon, Aceng, membenarkan pada hari ketiga jumlah pengendara roda dua yang melintasi kawasan itu semakin ramai namun arus lalu lintas tetap lancar.

Menurut dia, sejak hari Rabu sejumlah iring-iringan kendaraan roda dua dari arah Jawa Tengah tujuan Jakarta mulai padat, padahal masih hari raya Idul Fitri. Diperkirakan mereka yang telah melaksanakan shalat Ied lebih awal, karena ada sebagian umat yang berlebaran hari Selasa tersebut.

Tiga hari setelah Idul Fitri 1432 Hijriyah kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi dari arah Jawa Tengah tujuan Jakarta semakin padat lancar, diperkirakan jumlah mereka akan bertambah karena sebagian karyawan swasta sudah mulai masuk kerja pada tanggal 2 September 2011.

Brigadir Nanang salah seorang petugas Pos Pam Lebaran di Cirebon kepada wartawan menuturkan, iring-iringan arus balik bersepeda motor dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta sudah mulai terasa pada H+1

Lebaran, namun jumlahnya masih terbatas, kini mereka semakin padat lancar.

"Arus balik Lebaran diperkirakan akan semakin meningkat karena sejumlah pegawai swasta di daerah Jakarta dan Tangerang sudah kembali bekerja seperti biasanya, berbeda dengan pegawai negeri cuti bersama masuk pada 5 September 2011," katanya.

Arus balik melintasi pantura Cirebon diperkirakan akan terjadi lonjakan pada hari Sabtu (5/9) hingga Senin dini hari nanti. Hal itu karena bertepatan dengan masuknya sejumlah pegawai negeri juga anak sekolah kembali belajar, kata Nanang.

Sementara lalu lintas sejak sore tadi hingga dini hari terpantau lancar, kata dia lagi.

Sementara itu Komariah salah seorang pengendaraa roda dua mengatakan, arus balik Lebaran memasuki hari ketiga sudah mulai nampak padat lancar sepanjang jalur pantura Cirebon, sejak Kabupaten Tegal dan Brebes lalu lintas padat merayap.

Setelah melalui jalur padat dari Kota Tegal hingga Kabupaten Brebes, perbatasan Losari Jawa Tengah dan Losari Jawa Barat, arus lalu lintas ramai lancar, meski sejumlah kendaraan milik warga setempat cukup padat karena aktivitas Lebaran cukup tinggi.

Memasuki Losari Jawa Barat hingga persimpangan Tiga Berlian arus kendaraan terutama kendaraan roda dua lancar, sedangkan sejumlah kendaraan roda dua memanfaatkan jalan tol Pejagan keluar Palimanan, sehingga jalur utama lengang hanya didominasi roda dua.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011