London (ANTARA News/AFP) - Manchester City merampungkan transfernya yang mengejutkan atas mantan pemain tengah Manchester United Owen Hargreaves yang dilanda cedera pada hari terakhir jendela transfer musim panas ini, sementara klub Arsenal menandatangani kontrak dengan pemain bertahan Brazil Andre Santos, pemain gelandang bertahan Jerman Per Mertesacker serta pemain tengah Israel Yossi Benayoun.

Hargreaves akhirnya dilepas oleh United pada akhir musim lalu menyusul masa kontraknya empat-tahun yang menyedihkan di Old Trafford.

Mantan bintang timnas Inggris itu mengalami serangkaian cedera lutut setelah pindah ke United dari Bayern Munich tahun 2007 dan banyak menghabiskan waktu dengan hanya bermain pada pertandingan uji coba di penutup musim untuk meyakinkan para pengusaha yang potensial bahwa dia masih mampu bermain di tingkat tertinggi itu.

City yakin Hargreaves bakal benar-benar pulih dari cedera lututnya dan mereka akan merampungkan kontrak setahunnya itu setelah pemain berusia 30 tahun tersebut melewati pemeriksaan medis secara menyeluruh pada 24 jam terakhir.

Di Stadion Emirates, pelatih Arsenal Arsene Wenger menjadi pelatih paling sibuk pada hari atas akhir dari jendela transfer ini ketika dia harus menandatangani kontrak dengan pemain belakang Santos dari Fenerbahce dengan transfer sebesar 6,2 juta pound dan mantan pemain Werder Bremen Mertesacker dengan transfer kira-kira 8 juta pound.

Pemain tengah Chelsea Benayoun adalah pemain berikutnya yang juga dikontrak Arsenal, yang bergabung sebagai pemain pinjaman bagi sisa musim ini di menit-menit akhir menjelang penutupan jendela transfer, dengan pemain tengah Everton Mikel Arteta diberitakan akan menjadi pemain lain yang potensial yang diincar Arsenal.

Wenger terpaksa melakukan sejumlah transaksi kontrak pemain di menit-menit akhir menjelang batas waktu hari Rabu pukul 22.00GMT setelah awal yang suram bagi Arsenal pada musim ini dan Santos, Mertesacker serta Benayoun datang setelah penyerang Korea Selatan Park Chu-Young bergabung dengan klub Inggris itu dari Monaco pada Selasa.


Tottenham, Liverpool

Sementara itu di London utara, Klub Liga Utama Inggris (Liga Premier) Tottenham menandatangani kontrak dengan pemain Inggris Scott Parker (30) dari West Ham dalam suatu transaksi yang diduga senilai 6 juta pound.

Redknapp mempertahankan pemain tengah Kroasia Luka Modric kendati ada tawaran sebesar 40 juta pound dari Chelsea pada Selasa, tetapi striker Inggris Peter Crouch menurut rencana akan mengikuti jejak rekan satu timnya Wilson Palacios pindah Stoke setelah pemain tengah Honduras tersebut merampungkan perpindahannya sebesar 6 juta pound ke tim finalis Piala FA itu.

Stoke juga berharap bisa mengontrak Cameron Jerome setelah dilaporkan menyetujui uang transfer bagi pemain depan Birmingham tersebut.

Dengan gagalnya Chelsea memperoleh Modric, tim Blues itu mengalihkan incarannya kepada pemain tengah Liverpool Raul Meireles, yang harus menyerahkan permintaan transfernya pada Rabu dalam usaha untuk bisa menembus transaksi itu.

Pelatih Liverpool Kenny Dalglish membawa kembali Craig Bellamy ke Anfield empat tahun setelah striker Wales itu meninggalkan klub tersebut.

Bellamy, yang menghabiskan musim 2006-2007 di Liverpool, sudah jarang diturunkan di Manchester City sejak musim lalu ketika dia menjadi pemain pinjaman ke Cardiff setelah dia bentrok dengan bos Roberto Mancini.

Pemain sayap Inggris Joe Cole, yang tidak bersinar di Liverpool menyusul transfernya dari Chelsea tahun 2010, bergabung dengan juara liga Prancis Lille dalam suatu perjanjian kontrak satu musim yang mengejutkan.

Pemain tengah lain Liverpool, Christian Poulsen, juga akan pindah ke Prancis karena pemain internasional Denmark itu bergabung dengan Evian dalam kontrak setahun setelah setahun bermain Anfield.

Blackburn menandatangani kontrak dengan pemain belakang-tengah Birmingham Scott Dann dalam kontrak empat-tahun, sementara QPR merangkul pemain saya Inggris Shaun Wright-Phillips dari Manchester City.

Wigan Athletic menandatangani kontrak dengan pemain depan Skotlandia Shaun Maloney dari Celtic dan juga segera merangkul bek belia Chelsea Patrick van Aanholt dengan status pinjaman selama semusim ini pada Rabu.

Maloney diberitakan dikontrak dengan transfer sebesar 1 juta pound dan telah menyetujui kontrak dua-tahun dengan klub Latics itu dengan opsi perpanjangan kontrka tambahan setahun.

Aston Villa mengontrak pemain asal Republik Irlandia di bawah usia-, pemain belakang internasional Enda Stevens, yang akan bergabung secara resmi dengan klub asuhan Alex McLeish itu dari Shamrock Rovers pada Januari.

(A016/T009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011