Bogor (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Sabtu membayar kewajiban zakat mal dan zakat fitrah tahun 2011 senilai Rp23.315.365 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Penyerahan zakat tersebut diserahkan langsung oleh Presiden yang didampingi Ani Yudhoyono di kediamannya di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Sebagaimana biasanya saya melakukan kewajiban saya untuk mengeluarkan zakat pada bulan Suci Ramadhan ini baik itu zakat fitrah maupun zakat penghasilan," ujar Presiden.

Menurut dia, zakat fitrah dibayarkan senilai Rp1.496.250 untuk 21 orang termasuk keluarga inti dan ibunda Yudhoyon, Siti Habibah, serta para petugas rumah tangga yang tinggal di kediamannya.

Sedangkan zakat penghasilan yang dikeluarkan oleh Kepala Negara sesuai dengan ketentuan perhitungan adalah Rp21.819.115.

Usai menyerahkan zakat secara formal yang diterima langsung oleh Ketua Baznas Didin Hafidhuddin, Presiden kemudian memberikan pengarahan kepada Baznas di pendopo Puri Cikeas Indah.

Hadir dari Baznas selain ketua, antara lain Teten Kustiawan, Laksda TNI (Purn) Husein Ibrahim, Naharus Surur, Achmad Subianto, dan Ahmad Mukhlis Yusuf.

Biasanya, pembayaran zakat oleh Presiden dilakuan di Kantor Kepresidenan, Jakarta. Namun karena Presiden Yuhoyono serta Ani baru kembali dari perjalanan safari Ramadhan selama lima hari ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, penyerahan zakat dilakukan di tempat tinggalnya di Puri Cikeas Indah.

(D013/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011