Hari ini kita melaksanakan uji petik untuk uji emisi. Kita cek plat nomornya apakah sudah lulus uji emisi atau belum
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar razia uji emisi kendaraan bermotor di Jalan Joglo Raya, dekat halaman parkir Burger King Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa pagi.

"Hari ini kita melaksanakan uji petik untuk uji emisi. Kita berhentikan kendaraan di jalan, dicek plat nomornya apakah sudah lulus uji emisi atau belum," kata Pelaksana tugas Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Enrile Indro Prasetyo, di lokasi razia.

Menurut Enrile, pada razia tersebut petugas memeriksa nomor polisi setiap kendaraan dengan aplikasi E-Emisi. Jika berdasarkan aplikasi tersebut kendaraan itu belum melakukan uji emisi, maka petugas akan mengarahkan pengendara agar kendaraannya diuji emisi di tempat.

"Jika diuji emisi kendaraannya tidak lolos atau tidak memenuhi syarat, kita arahkan untuk menservis kendaraannya di bengkel," kata dia.

Menurut Enrile, kegiatan uji petik uji emisi ini dilakukan untuk mengambil sampling jumlah motor dan mobil yang sudah lolos uji emisi. Hasil tersebut akan ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sebagai bahan evaluasi.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya uji emisi kendaraan dan kebersihan udara," katanya.
Kegiatan uji emisi kendaraan mobil dan motor di Burger King Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (1/3/2022). ANTARA/Walda/am.

 
Pantauan ANTARA di lokasi, belasan pengendara motor dan mobil mengantri di halaman parkir Burger King untuk melakukan uji emisi.

Salah satu pengendara sepeda motor, Ahmad, mengatakan, sempat panik saat diberhentikan polisi di depan Burger King. "Saya kira saya ditilang, ternyata diarahkan untuk uji emisi," kata dia.

Menurut Ahmad, kendaraannya belum pernah diuji emisi. Dia juga mengaku, jarang menservis sepeda motornya. "Adanya kegiatan razia uji emisi ini, hitung-hitung bisa diuji emisi gratis. Jadi saya tahu kondisi kendaraan saya seperti apa," kata dia.

Baca juga: Ratusan mobil ikuti uji emisi gratis di Jakarta Barat
Baca juga: Ada uji emisi massal di setiap kantor kecamatan Jakarta Barat
Baca juga: Uji emisi di DKI dinilai positif bagi kualitas udara dan mesin

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022