Jakarta (ANTARANews) - Wakil Presiden (Wapres), Boediono, inspeksi ke Stasiun Senen, Jakarta, untuk mengetahui kesiapan PT Kereta Api Indonesia dalam melayani pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Wapres Boediono yang didampingi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, dan Menteri Perhubungan (Menhub), Freddy Numberi, tiba di Stasiun Senen sekira pukul 13.00 WIB dan melakukan inspeksi sekitar 30 menit.

Dalam kunjungannya tersebut Wapres sempat berbincang dengan sejumlah pemudik yang menunggu pemberangkatan kereta api di peron.

Menurut Lamuji, seorang pemudik asal Bojonegoro, Jawa Timur, yang ditanyai Wapres, pengaturan arus mudik di Stasiun Senen tahun ini lebih rapi dan nyaman, serta tidak ada lagi desak-desakan.

Wapres Boediono juga menyempatkan inspeksi ke dalam gerbong kerata api Matarmaja jurusan Blitar, Jatim, selain juga meninjau sejumlah pos kesehatan yang ada di stasiun itu.

Usai inspeksi, Wapres mengatakan, kepada wartawan bahwa persiapan mudik tahun ini lebih rapi.

"Pelayanan dan persiapan mudik tahun ini apa yang kita lihat di Stasiun Senen lebih rapi dari tahun sebelumnya," kata Wapres Boediono.

Manajer Layanan Stasiun Senen, Djoko Sukotjo, mengatakan bahwa tahun ini pihaknya menggunakan "boarding" untuk masuk stasiun sehingga hanya penumpang yang akan berangkat boleh masuk ke dalam stasiun.

Para penumpang boleh masuk satu jam sebelum kereta berangkat, sementara itu di halaman stasiun pengelola stasiun mendirikan tenda dan dibawahnya diberikan karpet warna hijau untuk pemudik yang akan mudik, namun belum diizinkan masuk stasiun.

Usai melakukan inspeksi di Stasiun Senen, Wapres Boediono dan rombongan selanjutnya menggunakan helikopter guna inspeksi ke Pelabuhan Merak, Banten,  untuk memantau arus mudik yang menggunakan kapal laut lintas Jawa dengan Sumatera.
(T.M041)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011