Jakarta (ANTARA News) - PSSI hingga Selasa pukul 16.00 WIB baru menerima setoran deposit dana dari satu klub yaitu Madiun Putra untuk mengikuti kompetisi liga profesional.

Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus di Jakarta, Selasa, mengatakan, klub asal Madiun Jawa Timur itu telah membayar deposit sebesar Rp2 miliar melalui PT Madiun Putra Abadi dan akan turun di kompetisi profesional level II.

"Kami sangat senang atas semangat para klub untuk mengikuti assessment ini," katanya.

Menurut dia, berdasarkan data yang masuk ke PSSI, jumlah klub yang telah menyerahkan data administrasi guna mengikuti assessment AFC dan liga profesional PSSI sebanyak 68 klub.

Sebanyak 68 klub itu terdiri atas 18 klub Indonesia Super League (ISL) klasemen akhir 2011, 36 klub Divisi Utama, 12 klub Divisi 1, 1 klub Divisi 2, 1 klub Divisi 3. Dari jumlah itu, 67 klub di antaranya untuk liga profesional dan satu klub liga amatir.

"Satu klub yang meminta ikut kompetisi amatir adalah Persekam Metro Malang," katanya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu setoran deposit khususnya bagi klub yang akan turun pada kompetisi level I. Untuk level I jumlah deposit yang harus disetor Rp5 miliar.

Selain dalam bentuk tunai, kata dia, PSSI juga memberikan kebijakan bagi klub yang akan turun di kompetisi liga profesional untuk menggunakan bank garansi.

Untuk pembayaran, PSSI telah membuka rekening di salah satu bank pemerintah dengan nomor rekening 070.000.413.6003 atas nama PSSI. Dan klub yang telah mentranfer uang diharapkan langsung melapor ke PSSI.

Rencananya pada Kamis (25/8), hasil verifikasi terhadap klub-klub yang telah mendaftar akan diumumkan dan pada 3 September data klub yang akan ikut Liga Profesional level I akan diserahkan ke AFC.

(T.B016/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011