Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo memimpin apel gelar pasukan operasi "Ketupat",  sebuah operasi kepolisian yang digelar setiap tahun bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1432 H.

Acara gelar pasukan berlangsung di lapangan Silang Monas Jakarta, Senin, diikuti 3.000 personel pengamanan gabungan diantaranya dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan.

Beberapa pejabat tinggi pemerintah juga hadir dalam acara itu diantaranya Menteri Pekerjaan Umum DJoko Kirmanto, Menteri Perhubungan, Freddy Numberi dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

"Operasi ini dilaksanakan selama 16 hari dengan mengutamakan keterpaduan dengan mengisi pos keamanan dan pelayanan kepada masyarakat," kata Timur.

Operasi Ketupat - 2011 dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, di setiap satuan wilayah kepolisian dan bekerjasama dengan instansi terkait, ujarnya.

"Hal ini juga menunjukan kesiapan Polri dan unsur lainnya dalam memberikan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat agar dapat melaksanakan Idul Fitri secara aman dan nyaman serta sebagai ajang silaturahmi," kata Timur.

Polri pada operasi Ketupat 2011 mengerahkan sebanyak 96.393 personel terdiri dari Mabes Polri sebanyak 769 personel terdiri dari berbagai Ditpolair Polri, Ditsatwa Polri, Bareskrim Polri, pusdokkes Polri dan Divhumas Polri.

Sedangkan Polda mengerahkan 95.624 personel dengan pembagian polda prioritas I sebanyak 65.893 personel dan polda prioritas II sebanyak 29.731 personel.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011