Jayapura (ANTARA News) - Upacara peringatan HUT ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Papua di Stadion Mandala Jayapura, Rabu, berlangsung khidmat dan aman.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Penjabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai dimulai tepat pukul 10.00 WIT, diawali dengan pemeriksaan barisan peserta upacara yang terdiri atas unsur TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Satpol PP, pegawai negeri sipil, Serta sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan.

Selain diikuti oleh peserta upacara, pelaksanaan HUT RI di Stadion Mandala juga dihadiri oleh para veteran pejuang yang duduk di antara barisan unsur Muspida Provinsi Papua.

Adapun detik-detik Proklamasi ditandai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali dan di ikuti pembacaan Proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) John Ibo.

Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih, yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) dilakukan tepat pukul 10.20 wit.

Penjabat Gubernur Syamsul Arief Rivai yang ditemui usai upacara meyampaikan terima kasih kepada semua pihak, atas kerja sama yang dilakukan antar instansi yang merupakan nikmat kemerdekaan yang dimiliki, khususnya bagi masyarakat Papua.

Gubernur menjelaskan kemerdekaan pada hakekatnya adalah suatu kebebasan. Dan kebebasan hanya bisa dicapai dan dinikmati melalui suatu perjuangan pembebasan.

Gubernur juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, karena hanya dengan persatuan kita akan bertahan dengan kinerja yang tinggi, mempertahankan jati diri dan kehormatan sebagai suatu bangsa yang besar di tengah-tengah pergaulan bangsa-bangsa di dunia.

Dalam upacara tersebut, hadir pula unsur Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Danlantamal X, Danlanud, Kajati Papua, serta sejumlah perwira dari TNI dan Polri.

Masyarakat Kota Jayapura antusias menyaksikan kegiatan upacara yang dilakukan setiap tahun tersebut. Sejumlah warga yang berada di pinggiran stadion Mandala tampak antusias melihat upacara bendera dengan diiringi "marching band" dari korps musik Polda Papua.

Sementara itu, arus lalu lintas di Kota Jayapura tampak lengang pada peringatan HUT ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia.  (ALX/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011