Volkswagen dan Porsche SE sedang merundingkan "Perjanjian Kerangka Kerja yang akan menjadi dasar untuk langkah lebih lanjut dalam mempersiapkan potensi IPO."
Jakarta (ANTARA) - Raksasa otomotif Jerman Volkswagen AG tengah menjajaki "diskusi lanjutan" dengan pemegang saham terbesar Porsche SE mengenai penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pabrikan mobil sport Porsche, demikian diungkapkan perusahaan itu pada Selasa (22/2).

Volkswagen dan Porsche SE sedang merundingkan "Perjanjian Kerangka Kerja yang akan menjadi dasar untuk langkah lebih lanjut dalam mempersiapkan potensi IPO," kata produsen mobil tersebut.

Kesimpulan dari Perjanjian Kerangka Kerja ini akan bergantung pada persetujuan Dewan Manajemen dan Dewan Pengawas Volkswagen AG. Keputusan akhir belum diambil, kata perusahaan pembuat mobil itu dalam rilisnya.
 
Orang-orang mengamati mobil sport Porsche di Poznan Motor Show di Poznan, Polandia, pada 7 April 2018. Poznan Motor Show 2018 diadakan dari 5 -8 April di Poznan. (Xinhua/Jaap Arriens)


Rumor tentang potensi IPO Porsche yang digadang-gadang akan menjadi salah satu listing terbesar Jerman dalam beberapa tahun semakin gencar terdengar sekitar setahun yang lalu, yang membuat saham Volkswagen meroket di pekan-pekan berikutnya.

Saham Volkswagen memuncak di kisaran 245 euro (1 euro = Rp16.267) pada pertengahan April 2021, dan saat ini diperdagangkan di kisaran 190 euro.

Menyusul pengumuman tersebut, saham Volkswagen dan Porsche SE masing-masing naik sekitar sembilan dan 14 persen, menjadikan produsen mobil Jerman dan pemegang saham terbesarnya sebagai pemenang terbesar dalam perdagangan pada Selasa.
 
Foto yang diabadikan pada 5 November 2021 ini menunjukkan mobil sport Porsche yang dihiasi permata di Area Pameran Barang Konsumen Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) keempat di Shanghai, China timur. (Xinhua/Meng Tao

 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022