Sidoarjo (ANTARA News) - Pengurus Partai Nasional Demokrat menyatakan keberatannya atas ultimatum pengurus Partai Golongan Karya terhadap kader partai berlambang pohon beringin itu yang aktif di Ormas Nasdem.

"Kami sangat keberatan dengan ultimatum itu, karena selalu dikait-kaitkan dengan Ormas Nasdem," kata Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, di Sidoarjo, Jumat.

Ia tidak ingin mencampuri urusan internal Partai Golkar. "Ancam-mengancam itu urusan internal Golkar, tapi kalau dikaitkan dengan Nasdem, tentu kami keberatan," katanya dalam konsolidasi DPP, DPW, dan DPD Partai Nasdem se-Jatim itu.

Sebelumnya, jajaran pengurus Partai Golkar mengancam akan memecat kadernya yang masih aktif di ormas bentukan Surya Paloh dan beberapa tokoh nasional itu.

Kegiatan konsolidasi yang digelar di Sidoarjo itu untuk menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Nasional Partai nasdem beberapa waktu lalu.

Selain Patrice Rio, rapat konsolidasi itu juga dihadiri para ketua dan sekretaris DPD Partai Nasdem se-Jatim dengan dikemas dalam kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama.

Dari jajaran DPP, tampak pula Sekjen DPP Partai Nasdem, Ahmad Rofiq. Sedangkan dari jajaran DPW Jatim tampak hadir mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrohman (Ketua), Ahmad Heri (Sekretaris), Mufti Mubarok (Wakil Ketua), dan jajaran pengurus lainnya.

Dalam kesempatan itu, Patrice Rio juga mengingatkan kepada Partai Golkar untuk tidak mengait-kaitkan Ormas Nasdem dengan Partai Nasdem, karena keduanya secara struktural jelas berbeda.

"Pengurus Ormas Nasdem tidak secara otomatis jadi pengurus Partai Nasdem," kata mantan Wakil Sekjen DPP PAN itu.

Oleh sebab itu, pihaknya juga menjamin tidak akan ada pengurus Partai Nasdem yang merangkap jabatan di Partai Golkar, sehingga tidak ada alasan bagi Partai Golkar untuk mengait-kaitkannya dengan Partai Nasdem.

"Partai Nasdem itu partai politik, sedangkan Nasional Demokrat itu ormas. Secara struktur kepengurusan berbeda," kata Patrice.

Meskipun demikian, Partai Nasdem dan Ormas Nasdem sama-sama menjalankan misi restorasi kebangsaan.

"Gerakan Ormas Nasdem untuk mengusung restorasi di Tanah Air sudah cukup baik. Tapi, upaya Ormas Nasdem tersebut tidak akan ada artinya, karena hanya akan jadi sebuah gagasan. Restorasi kalau tidak dibawa oleh partai politik, tidak akan bisa terlaksana," katanya.

Dari alasan itu, Partai Nasdem lahir untuk memperjuangkan restorasi, karena pihaknya tidak bisa hanya bersandar dan mengandalkan partai-partai politik yang ada saat ini. (M038/D010/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011