Kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan iklim...
Jakarta (ANTARA) - PT Federal International Finance (FIFGROUP), salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk menanam sebanyak 3.300 bibit pohon di sejumlah titik di Indonesia dalam rangka menghijaukan destinasi wisata Indonesia.

“Kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan iklim) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mendukung Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity,” ujar Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Margono, penanaman 3.300 bibit pohon itu merupakan bagian dari kegiatan FIFGROUP Hijaukan Bumi tahap 2  di sejumlah titik di Indonesia, termasuk di Mandalika, Lombok Barat.

Baca juga: HUT Ke-65, Astra ajak publik terus bergerak dan tumbuh bersama

Dengan kegiatan ini, FIFGROUP berinisiatif untuk turut mendukung pemerintah dalam upaya menghijaukan dan mempromosikan wisata Indonesia melalui sarana dan prasarana dengan menanam sebanyak 1.000 bibit pohon di lokasi berlangsungnya event olahraga World Superbike dan seri penutup MotoGP.

Sebanyak 250 pohon dengan rincian 50 pohon ketapang kencana, 50 tabebuya, dan 150 pucuk merah akan ditanam di Bundaran Labulia Jl. Bypass Bandara International Lombok, Desa Labulia, Kec. Jonggat, sejauh 1 km, di mana ini merupakan jalan yang menghubungkan Bandara International Lombok Zainuddin Abdul Madjid menuju Sirkuit International Mandalika. Sedangkan 750 pohon mahoni akan ditanam di Kawasan Hutan Desa Pusuk, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan sebelumnya, di tahap 1 telah dilakukan penanaman 3.300 pohon atau 10 persen dari rencana program yang berjumlah 33.000, di 10 titik wilayah Indonesia pada 21 Januari 2022.

"Tanam pohon kali ini merupakan tahap ke-2 dari total 10 tahap yang akan dilakukan sepanjang tahun 2022," kata Esther.

Baca juga: Masyarakat Desa Lemukih-Bali gencarkan penanaman pohon sesuai tema G20

Selain di Mandalika, pada bulan Februari 2022 ini FIFGROUP juga melakukan penanaman pohon di beberapa titik lokasi lain di Indonesia yaitu Batam, Pekanbaru, Sanggau, Pasuruan (2 titik), dan menyusul di tanggal 25 Februari 2022 berlokasi di Yogyakarta.

Seluruh acara dilaksanakan bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, Dinas kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian Sektor (Polsek), Batalyon dan pemerintah daerah di masing-masing titik lokasi ini dilakukan.

Untuk setiap tahap selanjutnya, FIFGROUP berkolaborasi dengan seluruh titik yang berada pada jangkauan network perusahaan di 235 cabang seluruh Indonesia untuk melaksanakan penanaman pohon sebanyak 33.000 secara bertahap di sepanjang tahun 2022 dengan masing-masing 10 titik.

Tinciannya yakni tahap 3 di bulan Maret sebanyak 3.400 pohon, tahap 4 di bulan April sebanyak 3.300 pohon, tahap 5 di bulan Juni sebanyak 3.300 pohon, tahap 6 di bulan Juli 3.300 pohon, tahap 7 di bulan Agustus sebanyak 3.300 pohon, tahap 8 di bulan September sebanyak 3.300 pohon, tahap 9 di bulan Oktober sebanyak 3.300 pohon, dan tahap 10 di bulan November sebanyak 3.300 pohon, dan dilakukan di daerah-daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022