penerima penghargaan mencapai seribu lebih dan dikhawatirkan bupati bisa keletihan saat menyerahkan penghargaan....
Ngabang, Kalimantan Barat (ANTARA News) - "Karena PNS penerima penghargaan mencapai seribu lebih dan dikhawatirkan bupati bisa keletihan saat menyerahkan penghargaan; maka penyerahan direncanakan akan dibagi menjadi dua tahap," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Landak, Marcos Lahiran di Ngabang, Jumat.

Lahiran menyatakan hal itu terkait penganugerahan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Indonesia kepada 1.118 PNS di lingkungan kabupaten di Kalimantan Barat itu. Jadi, bukan cuma kepada para istri dan suami pejabat tinggi atau pemimpin penyelenggara negara saja penganugerahan itu dilakukan.

Jauh dari Ibukota Jakarta, ribuan PNS dari berbagai posisi dan kepangkatan kepegawaian negeri akan mendapat penghargaan dari kepala negara.
 
Kembali kepada teknis penyerahan anugerah dari presiden Indonesia itu. Menurut Lahiran, penyerahan satya lencana itu akan dilaksanakan Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot, pada 17 Agustus 2011, di Ngabang.

Jadwal penyerahan dengan dua tahap penyerahan tersebut bukanlah harga mati. "Karena bisa saja Bupati meminta agar penyerahan dilakukan satu kali saja. Kami akan laksanakan sekali saja usai upacara HUT Kemerdekaan RI. Tetapi kita menyarankan kepada bupati supaya penyerahannya secara simbolis saja," katanya.

Jika pernyataan dilakukan dalam dua tahapan, maka penyerahan pertama diberikan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI dan penyerahan tahap kedua dilakukan pada peringatan HUT Pemkab Landak.

Namun dia menambahkan, semuanya itu diserahkan kepada bupati yang mengatur jadwal penyerahan. "Sampai saat ini kita belum mendapatkan jawaban dari bupati," katanya.

Ia mengatakan, PNS yang menerima penghargaan ini adalah yang sudah memiliki masa kerja 10 tahun mendapat perunggu, 20 tahun mendapat perak dan 30 tahun mendapat emas. Namun, tidak semua diberikan tentu akan dilihat kedisiplinan dan kinerja.

"Jadi bagi PNS meski pun sudah 30 tahun masa kerja, tapi kinerja tidak disiplin atau sering kena sangsi, penghargaan tidak diberikan," tegas Marcos.

Adapun tujuan penghargaan ini untuk memberikan motivasi semangat para PNS yang sudah mengabdi dengan negara. Selain satya lencana juga diberikan piagam dan uang sesuai masa kerja masing-masing. (ANT271)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011