Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mengklaim telah memproduksi 113,5 ribu barel pelumas khusus untuk penunjang kegiatan pengeboran sumur minyak melalui Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur pada 2021.

Produk dengan merek dagang Smooth Fluid 05 (SF-05) ini dipakai oleh grup Pertamina, yaitu Pertamina EP, Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Pertamina Hulu Mahakam, dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur.
 
"Produksi SF-05 berhasil dicapai di atas target produksi tahun 2021," kata Manajer Komunikasi Kilang Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Smooth Fluid 05 merupakan produk pelumas yang dibuat dengan bahan dasar tertentu atau biasa disebut base oil untuk melumasi peralatan pengeboran sumur minyak.
 
Produk ini memiliki komposisi belerang yang rendah, sehingga bisa mengurangi potensi karat pada peralatan pengeboran sumur minyak.

SF-05 memiliki beberapa keunggulan, di antaranya non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran, mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi, mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, mempunyai keamanan yang baik di area lumpur, serta mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

Kilang Balikpapan telah memproduksi cairan ini sejak tahun 2007. Keunggulan lain dari produk SF-05 adalah ramah lingkungan karena memiliki kandungan aromatik rendah, aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran, harga kompetitif dan jaminan suplai yang baik.
 
Selain terbukti andal dalam mendukung proses pengeboran, pemakaian produk SF-05 sebagai produk lokal juga dapat meningkatkan pemakaian produk dalam negeri terutama dalam industri minyak dan gas bumi.
 
"Keberadaan produk ini juga semakin menunjukkan sinergi grup Pertamina yang erat. Di Kalimantan, Kilang Balikpapan turut mendukung grup Pertamina yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas bumi, tentu saja kedekatan secara geografis juga menjadi salah satu kekuatan Pertamina," pungkas Ely.

Baca juga: Pertamina bangun pengolahan residu terbesar di Kilang Balikpapan

Baca juga: Pertamina optimis Proyek RDMP Balikpapan rampung tahun 2024

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022