Payakumbuh (ANTARA News) - Tiga puluh orang warga binaan LP Klas II B Kota Payakumbuh, Sumbar melaksanakan khatam Al Quran di LP setempat, Senin.

Mereka berhasil khatam setelah belajar membaca Al Quran dari iqra selama berada di dalam LP.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Syamsul Bahri, didampingi Kalapas Payakumbuh M Ali Syeh Banna dan dihadiri seluruh Kepala UPT dan Kasibinadik se-Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Syamsul Bahri mengaku sangat kagum atas program pembinaan yang dilakukan oleh LP Klas II B Payakumbuh.

"Saya mendapat informasi dari Kalapas, bahwa 30 orang warga binaan yang khatam hari ini awalnya belum lancar membaca Al Quran. Sekarang bacaannya sudah dengan tajwid yang baik," katanya.

Dia mengatakan, Pemkot Payakumbuh akan memberikan dukungan terhadap program positif seperti yang dilakukan oleh LP Klas II B Payakumbuh tersebut.

Sementara itu, M. Ali Syah Banna, mengatakan, acara khatam Al Quran yang digelar merupakan wujud pembinaan kepribadian untuk meningkatkan ketakwaan warga binaan LP Klas II B Payakumbuh.

"Kita berharap setelah kembali ke tengah masyarakat nanti, warga binaan LP Klas II B Payakumbuh sudah memiliki bekal kepribadian yang baik," katanya.

Selain khatam Al Quran, LP Klas II B Payakumbuh sebelumnya juga melaksanakan lomba MTQ dan lomba penyelenggaraan Shalat dengan peserta 50 orang, Juni 2011.

Menurut Kalapas, berkat program pembinaan yang baik tersebut, LP Klas II B Payakumbuh telah mendapatkan penghargaan dari Dirjen Pemasyarakatan dalam bidang pelaksanaan kegiatan pesantren Maret 2011. (*)

(T.H007/S016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011