Jakarta (ANTARA) - Banyaknya beredar produk pelumas palsu dipasaran, membuat PT Pertamina Lubricants mengantisipasi hal itu dengan lima langkah kongkrit untuk memberikan rasa aman kepada konsumennya yang hendak menggunakan produk pelumasnya.

Senior SE Retail Bogor, Sales Region III PT Pertamina Lubricants, Rizal Wahyu Abdillah mengungkapkan dalam kemasan pelumas yang dimiliki oleh perusahaannya itu mudah dikenali dengan seksama pada saat tahap awal melihat dan memegang.

"Produk kami sudah dilengkapi dengan 5 fitur keamanan, seperti triple layer, nomor batch yang ada pada bagian botol, pengaman UV, hologram original yang terdapat pada tutup botol, serta teknologi kekinian yang langsing mengetahui produk itu asli atau palsu, yakni dengan menghadirkan QR code di kemasannya," ungkap Rizal Wahyu Abdillah dalam diskusi secara daring bersama dengan FORWOT, Rabu.

Dengan hadirnya lima fitur itu, nantinya akan memberikan gambaran kepada konsumen Pertamina Lubricants untuk membedakan mana barang asli dan barang palsu di pasaran.

Fitur triple layer dalam kemasan produk pelumas Pertamina Lubricants ini bekerja untuk menjaga pelumas agar tetap berada di dalam alias tidak mudah bocor.

Baca juga: Pertamina Lubricants rilis aplikasi wirausaha siswa SMK

Lebih lanjut dia menjelaskan hadirnya batch number yang ada pada kemasan ini berguna untuk memberikan pengetahuan kepada konsumen bahwa pelumas tersebut hadir dengan kualitas terbaik dari Gen IV dan VII.

"Nomor Batch itu hadir untuk memberikan informasi kepada konsumen, bahwa pelumas ini hadir dengan kualitas terbaik," kata dia.

Dia kembali melanjutkan, hadirnya fitur pengaman UV juga dimaksudkan untuk mencegah adanya konsumen yang masih bingung dan ragu akan barang palsu dalam pemilihan pelumas.

Pengaman UV itu berguna untuk membedakan produk yang asli dan palsu. Jadi kalau kemasan itu disinari dengan lampu UV akan ada logo dan juga tulisan Pertamina serta kode lainnya," jelas dia.

Hadirnya hologram juga menjadi penanda penting bahwa pelumas itu asli, karena setiap produk yang dikeluarkan oleh PT Pertamina Lubrricants sudah dilengkapi dengan fitur hologram tersebut.

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang kian mudah didapat, PT Pertamina Lubricants juga menghadirkan sistem QR code yang menjadikan konsumen Pertamina Lubricants tidak hilang arah dalam memilih produk pelumas asli.

Dalam hal ini, PT Pertamina Lubricant juga turut menghadirkan sebuah pelumas dengan edisi terbatas guna menyambut perhelatan ajang balap Moto GP yang akan di gelar di Mandalika pada Maret nanti.

Enduro Limited Edition Pertamina Mandalika memiliki kekentalan SAE 10W-40 dengan tingkatan mutu API SL dan JASO MA2. Spesifikasi ini merupakan salah satu keunggulan Enduro 4T Racing karena memiliki fitur anti-slip kopling terbaik untuk sepeda motor 4T dan menjadikan tarikan motor lebih bertenaga.

Baca juga: BNI-Pertamina Lubricants kerja sama fasilitas distributor financing

Baca juga: Pertamina hadirkan Bengkel Sampah Tukar Oli di Jakarta Utara

Baca juga: Pertamina Lubricants bantu korban banjir Karawang
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022