Kediri (ANTARA News) - Anggota DPR RI, Venna Melinda mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga empat pilar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, untuk mencegah tindakan separatisme.

"Tindakan-tindakan seperti itu sangat disayangkan, adanya gerakan separatisme, radikalisme itu mengganggu NKRI," katanya saat dikonfirmasi terkait dengan kembali maraknya aksi-aksi kekerasan yang terjadi belakangan ini di Papua yang diduga didalangi gerakan separatis, Jumat.

Venna yang ditemui saat reses di sebuah taman kanak-kanak di Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, itu mengatakan, saat ini pendidikan tentang nasionalisme harus lebih dilekatkan lagi.

Ia menyebut, pendidikan politik harus dipahami oleh seluruh warga Negara Indonesia. Hal itu penting, sebagai bekal kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pendidikan politik itu tidak hanya harus hafal Pancasila, tapi juga harus ada pengaruhnya. Kecintaan pada negara harus diwujudkan, demi kesatuan NKRI," ucap anggota dewan yang berangkat dari Partai Demokrat ini.

Ia menduga, adanya aksi-aksi kekerasan di Papua ini karena ada kesengajaan dari oknum-oknum yang berharap daerah yang terkenal dengan julukan "mutiara hitam" itu untuk memisahkan diri dari Indonesia.

"Tentu saja ada pengaruh-pengaruh dari luar yang sengaja menyebarkan isu hingga ada kejadian kekerasan yang mengarah ke tindakan separatis seperti itu," kata anggota dewan yang juga artis tersebut.

Ia mengingatkan, untuk lebih memperkuat cinta tanah air, beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya dengan menanamkan pada guru maupun anak-anak untuk meningkatkan semangat nasionalisme.

Ia juga mengingatkan, untuk saling sinergi baik pemerintah, pers, maupun masyarakat, demi NKRI.

Aksi kekerasan yang terjadi belakangan ini di Papua memang membutuhkan perhatian ekstra. Aksi-aksi yang diduga didalangi gerakan separatis itu perlu ditangani dengan kekuatan diplomasi.(*)
(ANT-073/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011