Jakarta (ANTARA News) - Abdul Rahman Ma’mun terpilih menjadi Ketua Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) periode 2011-2013.

Mantan wartawan yang akrab dipanggil Aman ini memperoleh empat suara mengalahkan Ahmad Alamsyah Saragih, Ketua KI Pusat sebelumnya yang memperoleh tiga suara.

Pada pemilihan yang berlangsung Rabu (3/8) di Sekretariat Komisi Informasi Pusat tersebut juga terpilih Usman Abdhali Watik sebagai wakil ketua menggantikan Henny S Widyaningsih.

Pergantian Ketua KI Pusat berlangsung setiap dua tahun sekali. Hal ini berdasarkan Pasal 4 ayat (2) Tata Tertib Komisi Informasi Pusat yakni Masa jabatan Ketua dan Wakil Ketua adalah 2 (dua) tahun untuk selanjutnya dapat dipilih kembali sebagai Ketua dan Wakil Ketua untuk masa jabatan yang sama dalam rentang waktu masa jabatan keanggotaan KI Pusat.

Selain pemilihan Ketua dan Wakil Ketua, rapat Pleno juga menetapkan Komisioner Bidang. Komisioner bidang Kelembangaan adalah Ahmad Alamsyah Saragih dan Amirudin, Komisioner bidang Edukasi, Sosialisasi dan Advokasi adalah Henny S. Widyaningsih dan Ramly Amin Simbolon, sedangkan Komisioner bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Usman Abdhali Watik dan Dono Prasetyo.(*)
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011