Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella menyatakan tidak peduli dengan adanya pihak yang saat ini memandang remeh partai yang dipimpinnya.

"Orang `underestimate` boleh saja, tapi nanti kita lihat saja buktinya," kata Patrice usai memimpin rombongan Partai NasDem menyerahkan kelengkapan dokumen persyaratan pendirian parpol ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Rabu.

Yang jelas, kata Patrice, dukungan masyarakat terhadap kehadiran Partai NasDem cukup besar.

"Saat ini sudah ada 1,3 juta lebih orang yang memiliki KTA (kartu tanda anggota) Partai NasDem," katanya.

Ia optimistis jumlah anggota dan simpatisan Partai NasDem akan semakin bertambah dari waktu ke waktu, apalagi partai itu sudah memiliki infrastruktur kepartaian di seluruh daerah.

"Infrastruktur kami sudah ada di 33 provinsi, 497 kabupaten/kota, dan 6000-an kecamatan. Ini melebihi persyaratan pendirian parpol yang ditetapkan undang-undang, berkasnya sudah kita serahkan semua," kata Patrice.

Sebelumnya, sejumlah pihak menilai partai-partai baru, termasuk Partai NasDem, akan sulit untuk eksis dan berkompetisi dengan partai-partai yang sudah ada karena tidak memiliki tokoh dan basis massa yang jelas.

"Di Indonesia, peran tokoh ini sangat penting, setiap partai politik amat tergantung tokohnya, sehingga tanpa tokoh, maka partai hanya akan sia-sia saja," kata pengamat politik Arbi Sanit beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Patrice mengatakan, Partai NasDem memang tidak menggantungkan diri pada popularitas tokoh.

"Yang menarik dari Partai NasDem bukan tokoh atau basis massa, tapi kami membawa gerakan perubahan. Masyarakat mau perubahan atau tidak," katanya.

Terkait basis massa, menurut Patrice, sekarang ini hampir semua partai politik bisa dibilang tidak memiliki basis massa yang pasti, sebab orang semakin bebas dan pintar menentukan pilihan.

"Sekarang pun partai-partai tidak memiliki basis massa," kata mantan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Sementara itu ketika ditanya tentang rekrutmen calon anggota legislatif jika Partai NasDem lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2014, Patrice menyatakan hal itu bukan persoalan sulit.

"Caleg itu gampang, kalau nanti lolos verifikasi pasti banyak yang daftar," katanya.(*)

(T.S024/D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011