Jadi kami betul-betul menyiapkan mustahik
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan program bantuan usaha ZChiken kepada 1.000 penerima manfaat dalam upaya mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat miskin.

"ZChicken merupakan salah satu program Baznas dalam memberi kesejahteraan kepada mustahik (penerima manfaat). Dengan ZChicken, kami ingin menyasar pangsa pasar yang lebih luas untuk promosi usaha," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam peluncuran yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

ZChicken merupakan salah satu program pemberdayaan Baznas dengan konsep usaha makanan ayam krispi yang berkelanjutan dengan pangsa pasar yang luas.

Penyaluran bantuan ini menambah daftar ZChicken binaan Baznas yang sebelumnya telah berjalan sebanyak 245 gerai di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Bantuan yang diberikan Baznas dalam program ZChicken berupa gerobak, peralatan memasak, bahan baku, dan paket promosi. Selain itu, kata Noor, Baznas bekerja sama dengan ahli untuk memberikan pelatihan khusus terkait teknis pembuatan dan manajemen usaha.

"Jadi kami betul-betul menyiapkan mustahik agar ZChicken ini bisa terus memberi manfaat jangka panjang. Diharapkan perekonomian keluarga mustahik bisa bangkit lagi, setelah sempat terpuruk dihantam pandemi. Kesejahteraan mustahik selalu jadi fokus kami dalam membuat berbagai program pemberdayaan," katanya.

Baca juga: Tumbuhkan bisnis milenial, Baznas Jaksel gelar kompetisi Jakbee

Baca juga: BAZNAS: Tingkatkan zakat dengan menggiatkan bisnis


Tak hanya menyiapkan bantuan usaha, Baznas juga membentuk kelompok usaha peternakan yang fokus dalam penyiapan bahan baku. Dengan begitu, nantinya para penerima usaha ZChicken akan mendapat bahan baku langsung dari peternak binaan Baznas.

Mereka yang akan mendapatkan bantuan usaha ini merupakan masyarakat yang mendaftar melalui laman resmi Baznas. Nantinya tim dari Baznas akan melakukan peninjauan untuk memastikan masyarakat yang menerima manfaat sudah sesuai kriteria.

Noor berharap dengan penyiapan program dari hulu ke hilir ini memperkuat ekosistem pemberdayaan, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk pengembangannya, Baznas juga membangun ekosistem bisnis ZChicken milik mustahik dari hulu ke hilir di antaranya peternakan ayam, Rumah Potong Ayam (RPA), dan pusat distribusi," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik program Baznas yang dihadirkan di Jawa Tengah dan beberapa daerah lain. Menurutnya, upaya ini sangat baik untuk mendorong perekonomian keluarga di masa pandemi.

Ganjar berharap program ZChicken dapat membantu masyarakat miskin untuk lebih baik lagi dari sisi perekonomian, dan dana zakat, infak, serta sedekah yang disalurkan melalui Baznas dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas.

"Ini bisa mendorong perekonomian di tengah pandemi, masyarakat tidak resah dan bisa mendorong wirausahawan-wirausahawan baru," kata Ganjar.

Baca juga: Kemenkop-UKM, Baznas, dan Pemprov DIY beri bantuan modal usaha mikro

Baca juga: Kemenkop-Baznas bantu permodalan 500 usaha mikro di Bali

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022