Mengapa ada yang kurang sehat atau tidak sehat? Hal itu terjadi karena manajemen dari anggota dan kepemimpinannya yang kurang bagus, karena dalam sebuah organisasi atau perusahaan kepemimpinan dan manajeman berperan penting untuk kemajuan organisasi
Bandung (ANTARA News) - Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian Perdagangan (Disperindag) kota Bandung, Nana Supriatna mengharapkan koperasi memikirkan keuntungan bukan hanya manfaat.

"Mengapa saat ini banyak koperasi-koperasi yang gulung tikar seperti yang banyak terjadi di wilayah lain salah satu penyebabnya kurangnya keuntungan," kata Nana Supriatna, di Bandung, Selasa.

Menurut Nana, "mulai saat ini koperasi harus memikirkan bagaimana cara memproduksi dan menjual hasil produksi tersebut, dengan begitu diharapkan koperasi juga koperasi bisa melakukan ekspor ke luar negeri."

"Koperasi saat ini jangan hanya memikirkan simpan pinjam saja, tetapi tadi harus memikirkan produksi. Keuntungan dari produksi tersebut bisa dijadikan modal pinjaman ke anggota," ungkapnya.

Nana mengatakan, bila koperasi hanya memikirkan simpan pinjam maka yang ada koperasi akan sulit berkembang.

"Saat ini suku bunga di perbankan saja mencapai 12 persen hingga 20 persen, kemudian kita pinjam dana dari bank sedangkan koperasi meminjamkan lagi dan tersebut dengan suku bunga enam hingga delapan persen maka bukannya untung tapi rugi," paparnya.

Menurutnya, sangat riskan bila koperasi menaikan suku bunganya karena dikhawatirkan anggota tidak lagi meminjam pada koperasi melainkan ke bank atau rentenir.

"Jadi diharapkan antara keuntungan dan manfaat harus saling berjalan seimbang, jangan terlalu berat ke manfaat juga jangan terlalu berat ke untung," katanya.

Sementara itu, ia mengungkapkan masalah sulitnya meminjam di koperasi adalah bisa jadi koperasi tersebut sedang dalam keadaan kurang sehat.

"Kalau koperasinya kurang atau tidak sehat maka setiap anggota yang mau pinjam bisa jadi sulit karena uangnya pun tidak ada," jelasnya.

Ia mengatakan mengenai persyaratan yang sulit itu karena sudah aturan di koperasi,"pada intinya koperasi bisa menjadi wadah untuk membantu anggotanya, kalaupun ada masalah itu ini biasanya koperasi itu sedang dalam keadaan kurang sehat," paparnya.

"Mengapa ada yang kurang sehat atau tidak sehat? Hal itu terjadi karena manajemen dari anggota dan kepemimpinannya yang kurang bagus, karena dalam sebuah organisasi atau perusahaan kepemimpinan dan manajeman berperan penting untuk kemajuan organisasi atau perusahaan tersebut," katanya.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011