Sekitar 70 % penjualan mobil premium di Indonesia dikuasai Mercedes-Benz, jadi semua penjualan mobil premium akan tergantung kepada kami
Jakarta (ANTARA News) - Siapa yang tak kenal Mercedes-Benz, pabrikan mobil asal Jerman itu sudah menjadi ikon mobil-mobil mewah dunia. Tak pelak, penjualan mobil-mobil premium di Indonesia ditentukan dengan naik-turunnya penjualan mobil Mercedes-Benz.

Sekitar 70 % penjualan mobil premium di Indonesia didominasi Mercedes-Benz, terutama penjualan Mercedes-Benz serie C Class yang tahun ini  menembus 676 unit.

"Sekitar 70 % penjualan mobil premium di Indonesia dikuasai Mercedes-Benz, jadi semua penjualan mobil premium akan tergantung kepada kami," kata Yuniardi H. Hartono Deputy Director Marketing & Communication Mercedes-Benz Indonesia ketika menghadiri acara Indonesia International Motor Show ke-19 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (22/7).

Penjualan Mercedes-Benz seri C-Class mengalami peningkatan pesat di Indonesia karena sekitar 95 % perakitan mobil itu dirakit di dalam negeri.

"Wajar jika mereka mendominasi pasar-pasar mobil premium di Indonesia karena sepak terjangnya sudah 41 tahun, kami baru 10 tahun," kata CEO PT. Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Audi dan Volkswagen di Indonesia ketika menjawab pertanyaan ANTARA News tentang dominasi pasar mobil premium di Indonesia.

Andrew melihat fenomena yang sama antara minat pelanggan di Indonesia dan China. Pelanggan  lebih percaya diri dan bangga membeli merek mobil yang sudah lama beredar di negaranya. Hal itu berlaku juga untuk Audi di China, kata Andrew.  Audi  lebih dahulu masuk ke pasar mobil premium China ketimbang produsen lainnya.(adm)


Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011