Jakarta (ANTARA News)- Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2011, Kartini Demokrat yang beranggotakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat menggelar panggung seni dan bakat bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

"Kita ingin buktikan kepedulian bagi para anak yang berkebutuhan khusus yang ada di sekitar kita," kata Anggota DPR RI, Vera Febyanthy sesaat sebelum meresmikan pelaksanaan kegiatan itu di DPR RI, Kamis.

Dalam kesempatan itu Vera juga mengatakan bahwa semua anak Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama di mata hukum. Hal tersebut, katanya, jelas termuat dalam undang-undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak pasal 9 dan UU No.39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia pada pasal 60.

"Isi dari ketentuan itu menegaskan bahwa setiap anak memiliki hak yang sama dalam pengembangan bakat dan kompetensi yang dimiliki, itu berarti setiap anak berhak mendapat perlindungan dan jaminan hukum dalam dalam hal pengembangan bakat dan kompetensi yang dimiliki tanpa adanya diskriminasi, termasuk anak berkebutuhan khusus," tegas Vera.

Anggota Komisi X DPR RI itu  menjelaskan, ada pola fikir yang selama ini berkembang di masyarkat seolah-olah memberikan tempat yang kurang baik kepada para ABK tersebut.

"Selama ini banyak paradigma yang beredar di masyarakat untuk anak berkebutuhan khusus terutama anak yang memiliki keterbatasan fisik lebih sulit untuk mempelajari dan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh anak-anak pada umumnya," ujar Vera.

Sebagai bentuk kepedulian dan pelaksanaan wujud sebagai wakil rakyat panitia ingin menyelenggarakan acara yang mempertunjukkan bakat dan talenta yang dimiliki oleh Anak Berkebutuhan Khusus dan akan diperagakan oleh SLB Kuntum Mekar, SLB Budi Luhur serta SLB Elsafan.

Selain panggung seni dan bakat, Vera juga mengatakan pihaknya akan membawa para ABK tersebut berwisata pada sekitar gedung parlemen. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terkait fungsi parlemen kepada mereka.

"Akhir acara ini akan dilakukan kunjungan ke gedung Nusantara I dan museum dengan tujuan sebagai bentuk pengenalan dan edukasi kepada Anak Berkebutuhan Khusus tentang DPR," ungkap Vera.(*)
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011