Palembang (ANTARA News) - Kapten Tim Nasional Voli Indonesia, Andri Widiatmoko, bertekad mempertahankan gelar pemain terbaik pada Kejuaraan Bola Voli Putra Asia di Palembang, 23-30 Juli 2011.

"Saya ingin terpilih kembali menjadi pemain terbaik Asia yang diperoleh pada Asian Senior Men`s Volleyball 2009 di Manila. Tapi kali ini rasanya tidak mudah karena banyak pemain bagus yang ambil bagian," kata Andri, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pemain-pemain dari negara China, Iran, dan Jepang layak menyandang status pemain terbaik.

"Pemain dari tiga negara ini (China, Iran, Jepang, Red) sangat baik secara teknik dan mental. Saya justru menjagokan pemain mereka yang bakal terpilih menjadi pemain terbaik," ujar pemain Bank SumselBabel ini.

Meskipun demikian, Andri cukup optimistis dirinya mampu mempertahankan gelar bergengsi itu.

"Saya merasa lebih baik dalam skill dan mental saat ini, artinya saya lebih baik dibandingkan dua tahun lalu," ujar dia pula.

Asisten pelatih timnas, Dadang Sudrajat mengakui bahwa Andri layak dinobatkan kembali menjadi pemain terbaik.

"Dia selalu mampu melakukan tugasnya dengan sempurna, seperti saat membloking, memberi umpan, bahkan men-"smash". Dia sedikit sekali gagalnya. Selain itu, semangat juangnya begitu luar biasa saat di lapangan," kata Dadang.

Menurut dia, hal itu juga yang membuat Andri dipilih sebagai kapten tim.

"Andri bisa bermain sangat konsisten sepanjang pertandingan, sehingga dia bisa memotivasi rekan-rekannya. Inilah yang membuat ban kapten disematkan ke bahu Andri," ujar dia.

Direncanakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga akan menghadiri babak final kejuaraan voli putra Asia ini, sekaligus melakukan peninjauan arena pertandingan (venues) SEA Games ke-26 di Palembang. (ANT037/M019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011